MA Berencana Bangun Universitas

Warta Volare Edisi 2 Maret 2015

Pontianak – Untuk menjaring sumber daya manusia, terutama SDM yang memiliki latar agama yang baik untuk sarana dakwah Islam, organisasi keagamaan Miftahul Anwar (MA) akan segera membangun sebuah universitas.

Ini diungkapkan langsung Pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Anwar, KH Ahmad Juhaidi Abdullah, belum lama ini.

“Setiap organisasi Islam pasti ingin memiliki sebuah perguruan tinggi untuk mencetak kader unggul dan bisa menjadi penerus, begitu juga dengan MA ini,” katanya.

Pemikiran ini sudah lama dikaji dan MA pun yang sudah berusia 100 tahun atau satu abad ini dianggap cukup layak untuk memiliki sebuah universitas.

“Tujuannya yaa itu ingin mencetak kader dari MA, di mana mereka akan menjadi anak didik kita untuk diamanahkan mengurus MA ke depan. Kita serahkan kepada mereka karena pembangunan awal ponpes ini adalah untuk empat tujuan, yaitu dakwah, pendidikan, sosial dan ekonomi,” paparnya.

Tidak hanya berencana ingin membangun sebuah perguruan tinggi, belum lama ini, MA juga sudah meresmikan sebuah unit koperasi yang bergerak dalam bidang sosial dan ekonomi.

“Ada empat visi misi MA seperti yang saya sebutkan tadi. Dakwah agama kita sudah punya pondok pesantren, pendidikan kita sudah punya tsanawiyah dan aliyyah. Sementara sosial dan ekonomi, kita akan membangun universitas dan sudah kita buka koperasi,” ujarnya. 

Empat visi misi ini didasari faktor kemiskinan dan kebodohan. Untuk itu, berbagai terobosan dan inovasi tanpa meninggalkan tujuan awal dilakukan MA guna mengikuti arus zaman.

“Kita harap, koperasi yang kita buka bisa dimanfaatkan untuk kepentingan umat. Ke depan, Insyaallah jika Allah meridhoi perjuangan kita ini, universitas akan segera kita bangun,” ucapnya. (sis)