Browse By

Maanfaatkan Anggaran Secara Efektif, Efisien dan Transparan

Pontianak – Walikota Pontianak Sutarmidji menegaskan, pihaknya selalu berupaya untuk setransparan, seefektif dan seefisien mungkin dalam pemanfaatan anggaran.

“Selain itu, para investor yang membuka usaha di Pontianak diberikan berbagai kemudahan terutama dari sisi perizinannya.,” katanya, belum lama ini.

Hal itu dilakukan untuk menarik para investor menanamkan modalnya dengan menjalankan usaha di Pontianak sehingga kota ini semakin maju pesat.

“Bahkan, pihaknya siap meluncurkan pelayanan perizinan secara online untuk seluruh perizinan yang diterbitkan Pemkot Pontianak,” katanya.

Tercatat sektor pajak daerah di Kota Pontianak kian menunjukkan peningkatan yang fantastis. Pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pontianak menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data yang tercatat, PAD yang diperoleh tahun 2010 senilai Rp 58,27 miliar. Perolehan PAD tersebut naik dua kali lipat di tahun 2011 yakni Rp 117,81 miliar. Tahun 2012, PAD yang diperoleh beranjak naik menjadi Rp 162,78 miliar.

Kemudian tahun 2013 berhasil mengantongi PAD Rp 179,66 miliar. Sedangkan tahun 2014, PAD yang diperoleh tercatat Rp 203,17 miliar dan tahun 2015 hingga saat ini PAD yang dihimpun sudah mencapai Rp 243,85 miliar. Nilai itu jika diakumulasi dengan retribusi daerah bisa mencapai Rp 350 miliar.

“Pajak-pajak yang dipungut Pemkot dari masyarakat dipergunakan untuk kepentingan masyarakat juga dengan berbagai pembangunan infrastruktur,” ucapnya.

Walikota Pontianak Sutarmidji meminta kerja keras instansi untuk peningkatan pendapatan asli daerah yang ada beberapa belum mencapai target.

“Untuk pajak hotel dan PBB perlu ditingkatkan lagi karena masih berpotensi. Sementara untuk pajak restoran dan hiburan sudah melampaui target. Saya yakin di akhir tahu nanti semua PAD kita bisa memenuhi target,” kata orang nomor satu di Kota Pontianak ini optimis. (sis)