Maksimal untuk Hasil terbaik

Pontianak – Berbagai penghargaan yang diraih Pemerintah Kota Pontianak jangan sampai melalaikan pemerintah dari permasalahan kota yang masih perlu penanganan lebih maksimal.

“Kita minta jangan berbangga diri  apalagi puas karena banyak pekerjaan rumah yang harus pemerintah lakukan dengan baik. Pelayanan publik tidak hanya menyangkut baiknya layanan publik tapi banyak sisinya. Seperti terpenuhinya sektor pendidikan, kesehatan hingga masalah sosial yang perlu ditingkatkan.” kata Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Herri Mustramin, kemarin.

Diakuinya Sataruddin, kinerja pemerintah sudah baik tetapi perlu peningkatan agar kata baik menjadi jauh lebih baik dan permasalahan kota bisa terselesaikan semuanya dengan kebijakan yang ada.

“Kita salut bahkan dengan kinerja pemerintah kita sudah rapi, tertata dan yang pasti transparan masalah pengelolaan dan penggunaan anggaran,” katanya.

Tercatat, tahun 2016 ini Pemerintah Kota Pontianak kerap meraih penghargaan. Terbaru, pemerintah Kota Pontianak meraih penghargaan pelayanan publik terbaik se-Indonesia.

Wakil Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, predikat serupa juga pernah disandang Kota Pontianak tahun 2015. Predikat puncak atau ranking pertama itu diraih Pemkot Pontianak dengan jumlah layanan yang dinilai 59 dan mengantongi skor tertinggi 98,36.

Anugerah bergengsi dari Ombudsman RI atas kepatuhan pelayanan publik berdasarkan UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik itu diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Wakil Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu lalu.

Untuk kategori kota, Pontianak ditetapkan sebagai kota dengan pelayanan publik terbaik dari 98 kota se-Indonesia, kemudian kategori kabupaten, diraih Kabupaten Badung Provinsi Bali, kategori provinsi diraih Provinsi Jawa Timur, dan kategori kementerian adalah Kementerian Kesehatan.

Menurut dia, penghargaan ini merupakan penghargaan atas komitmen jajaran Pemkot Pontianak dalam memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat.

“Tentunya pelayanan publik ini berdampak terhadap kepercayaan yang tinggi dari masyarakat terhadap Pemkot serta tingginya investasi dan kenyamanan bagi warga Pontianak,” katanya. (Wati Susilawati)