Masyarakat Berbondong-Bondong Buat Akta Lahir

Warta 3 – 23 Desember 2010
Mendekati batas akhir dari keringanan pengurusan akta lahir tanpa melalui pengadilan yang kurang lebih satu minggu lagi, menyebabkan masyarakat berbondong-bondong membuat akta kelahiran di Kantor Pencatatan Sipil Kota Pontianak.

Yuni Rosdiah selaku Kepala Bidang Pencatatan Sipil Kota Pontianak mengatakan, permohonan akta kelahiran meningkat tajam pada pertengahan November lalu, sehingga sejak sekitar empat hari lalu, diberlakukan penambahan jam kerja hingga malam hari.

Untuk hari ini, menurut Yuni, kemungkinan pemohon pembuatan Akta Lahir akan mencapai seribu permohonan, karena untuk hari sebelumnya sudah mencapai tujuh ratus permohonan.

Yuni sangat menyayangkan, perpanjangan keringanan pengurusan Akta Lahir sejak setahun yang lalu tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Dan ketika batas akhir keringanan itu sudah akan berakhir, masyarakat baru membuat permohonan Akta Lahir.

Yuni menambahkan, keringanan ini berlaku untuk warga yang lahir sebelum 28 Desember 2006, batas akhir keringanan pembuatan Akta Lahir adalah sampai 31 Desember 2010. Setelah tanggal itu, maka pengurusan akta kelahiran akan kembali seperti biasanya yakni melalui penetapan Pengadilan Negeri.