Melody Gardot

Meldoy Gardot (ɡɑːrˈdoʊ), kelahiran Philadelphia, 2 Februari 1985. Ia mendapat pengaruh dari musisi blues dan jazz, seperti Judy Garland, Janis Joplin, Miles Davis, Duke Ellington, Stan Getz dan George Gershwinas, juga musisi latin seperti Caetano Veloso.

Musiknya kerap dibandingkan dengan Nina Simone. Pernah dinominasikan Grammy Award. Melody kerap berbicara mengenai manfaat dari terapi musik. Di tahun 2012 namanya digunakan untuk program terapi musik di New Jersey.

Melody mulai belajar musik di usia 9 tahun dan memainkan piano di bar Philadelphia pada usia 16 tahun pada Jumat dan Sabtu selama 4 jam setiap malamnya.

Tidak banyak musisi wanita jazz sepertinya yang saat tampil setia dengan sepatu hak tinggi 4 inchi.

 Ia menyelesaikan studi di Community College of Philadelphia, dan mengambil jurusan fashion.

 Melody pernah mengalami kecelakaan serius di tahun 2004. Ia ditabrak oleh SUV saat mengendarai sepeda. Akibat kecelakaan tersebut ia mengalami kehilangan ingatan jangka pendek dan sensitif akut terhadap suara dan cahaya. Maka dari itu ia mengenakan kacamata dan sangat tidak bisa mendengar suara yang lebih rendah dari bisikan atau yang terlalu bising. Kehilangan ingatan jangka pendek ini juga membuatnya sulit untuk menulis dan merekam komposisi musik.

 Setahun berada di rumah sakit, Melody tidak dapat berjalan dan berbicara seperti sebelumnya. Ia menolak mengkonsumsi obat pelawan rasa sakit (painkiller), oleh dokter ia direkomendasikan untuk menjadikan musik sebagai terapi penyembuhan. Karena sebelum kecelakaan terjadi, ia memainkan piano, maka piano juga yang menjadi terapinya.

 Selain piano untuk terapi penyembuhan, Melody juga menjalankan diet makrobiotik. Diet makrobiotik menitikberatkan pada keseimbangan jenis asupan makanan untuk kesehatan dan mencapai keseimbangan jiwa dan raga. Diet ini menyarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan berserat, seperti padi-padian utuh, kacang-kacangan, polong-polongan, buah-buahan, biji-bijian, sayur-sayuran dan ikan tertentu. Minumannya seperti air putih dan teh. Selain Melody, diet ini juga diikuti oleh Madonna, Hillary Clinton dan Gwyneth Paltrow.

 Semasa ia di rumah sakit, ia belajar memainkan gitar dan mulai menulis lagu dan menghasilkan “Some Lessons : The Bedroom Sessions” (2005). Lagu dari album tersebut kerap ia mainkan di beberapa pertunjukan di Philadelphia, penampilan ini menarik perhatian stasiun radio WXPN, yang sebelumnya juga membantu Norah Jones dalam bermusik. Dari WXPN inilah ia mendapat kontrak dengan Universal.

 Akibat kecelakaan, ia tidak dapat duduk dengan nyaman saat bermain piano, sehingga ia kemudian memilih untuk memainkan gitar. Album debutnya, Worrisome Hearts, dirilis di 2008.

Setelah menuntaskan tur untuk album My One And Only Thrill, Melody berlibur ke Portugal dan Brazil. Ritme Brazil dan intonasi blues ala Portugal menjadi pengaruh dalam musik di albumnya, The Absence, yang diproduseri oleh komposer film dan gitaris, Hector Pereira.

Menerima penghargaan VSA International Young Soloist Award di tahun 2007.