Target Pajak Daerah Meningkat

Warta 3 – 22 Juni 2011

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Pajak Daerah yang telah disahkan pada akhir Desember 2010 sebagai bentuk regulasi sektor pajak daerah dan retribusi daerah.

Menurut Paryadi, Wakil Walikota Pontianak, untuk ke depannya Pemkot Pontianak akan mempersiapkan Peraturan Walikota sebagai peraturan pelaksanaan dari Perda tersebut.

Untuk peningkatan pajak daerah, Paryadi menjelaskan bahwa Pemkot Pontianak dalam hal ini Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) sudah berupaya secara maksimal melaksanakan peningkatan pajak daerah yang bisa dilihat dari peningkatan target yang dibebankan setiap tahunnya. Pada tahun 2011 pajak daerah ditergetkan sebesar Rp 96,7 milyar atau meningkat 71,45% dari tahun 2010.

Paryadi juga memaparkan bahwa realisasi penerimaan pajak daerah kota Pontianak di tahun 2010 mencapai angka 104,71% dari target yang dibebankan. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan pengawasan dengan pelaksanaan uji petik serta perbaikan pelayanan yang ada di Dispenda Kota Pontianak.

Selanjutnya, Dispenda akan mengusahakan peningkatan penerimaan dari pajak daerah lebih besar dari tahun sebelumnya sehingga diharapkan bisa semakin meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD) kota Pontianak.

Paryadi menegaskan bahwa pemerintah kota Pontianak akan mendukung untuk mewujudkan harapan dan potensi dari pajak daerah akan terus meningkat hingga melebihi angka 200%.