Music In News This Week

Slank Ganti Logo, dari Kupu-kupu ke Sayap Burung

Menandai 30 tahun Slank berkarya dalam industri musik Tanah Air, grup yang terdiri dari Kaka (vokal), Bimbim (drum), Abdee (gitar), Ridho (gitar), dan Ivanka (bas) itu resmi mengganti logo band mereka dari tulisan Slank yang membentuk kupu-kupu menjadi tulisan Slank yang membentuk sayap burung.

“Logonya Slank itu berubah terus. Sekarang kami berubah pakai sayap burung dengan mata supaya bisa terbang tinggi dan terus bisa melihat secara fokus. Intinya kami masih mau terbang lebih tinggi lagi.”

Pada logo itu, Slank mengganti gambar antena kupu-kupu mereka menjadi gambar padi dan kapas yang dimaknai sebagai sindiran kesejahteraan dan keadilan sosial.

Kaka menggugat:

“Padi dan kapas kan kesejahteraan. Tapi, sebenarnya itu pertanyaan, ‘Benar enggak sih kita juga sudah berkeadilan sosial?”

Sementara itu, Slank juga mencantumkan angka 83 (1983) pada huruf S dan angka 13 (2013) pada huruf K sebagai penanda keberadaan mereka dalam industri musik Tanah Air selama 30 tahun.

Bermodal N.E.V, Nidji Masuk Klab Juga

Band Nidji–yang terdiri dari Giring (vokal), Ariel (gitar), Rama (gitar), Andro (bas), Run-D (keyboard), dan Adrie (drum)–mengenalkan Nidji Electronic Version (N.E.V) sebagai suguhan musik terkini mereka. Sudah 11 tahun berkarya dalam industri musik, mereka tak mau menyajikan musik britpop yang itu-itu saja. Ini kata Giring:

“Kami berenam enggak suka kelamaan di zona nyaman. Salah satu idenya, ya ini, Nidji Electronic Version.”

Diceritakan oleh Giring, N.E.V berawal dari ide Run-D, yang muncul bersamaan dengan tawaran tampil dalam Konser Tanpa Batas.

“Si Run-D di suatu malam pengin banget bikin konsep seperti ini, kebetulan dari Musica (label rekaman Musica Studio’s) nawarin main di Konser Tanpa Batas. Akhirnya, kami keluarin anak perusahaan kami, Nidji Electronic Version, masa mau nampilin yang itu-itu saja.”

Sebenarnya, dari album kedua Nidji, Top Up (2007), sudah ada lagu yang di-remix, yaitu “Shadows”. Dengan N.E.V, sejumlah lagu lain mereka di-remix. Dijelaskan Run D:

“Karena kecintaan kami, musik elektronik itu akan terus berkembang setiap tahun dan gadget juga terus bertambah. Kayak di album kedua itu sudah keluar remix-nya, seperti ‘Shadows’. Akhirnya, kenapa enggak semuanya kami keluarin versi remix-nya semua. Kami penginnya lagu kami pengin ngebuka mata band-band lain.”

Untuk sementara, N.E.V akan ditampilkan oleh Nidji di panggung-panggung tertentu. “Di tahun 2014, siapa pun brand yang mau pakai versi ini, boleh saja. Kami sekalian ngelebarin sayap supaya bisa main di klab. Ini salah satu representasi kami untuk 2014 bahwa Nidji bisa seperti ini, selain Nidji yang biasa.”

 

Ini Dia Nominasi YouTube Award 2013

YouTube akan memberikan penghargaan bagi artis papan atas dalam ajang YouTube Award 2013. Penghargaan akan disiarkan langsung melalui siaran Youtube Spotlight pada 4 November 2013, pukul 5 pagi WIB. Ada enam kategori dalam ajang ini.
Berikut nomine dari enam kategori tersebut.

Video of the Year:
1. Demi Lovato – “Heart Attack”
2. Girls’ Generation – “I Got A Boy”
3. Justin Bieber (feat. Nicki Minaj) – “Beauty And A Beat”
4. Lady GaGa – “Applause”
5. Miley Cyrus – “We Can’t Stop”
6. One Direction – “Best Song Ever”
7. PSY – “Gentleman”
8. Selena Gomez – “Gome & Get It”
9. Macklemore dan Ryan Lewis (feat. Mary Lambert) – “Same Love”
10. Epic Rap Battles of History – “Barack Obama vs Mitt Romney”

Artist of the Year:
1. Eminem
2. Justin Bieber
3. Katy Perry
4. Macklemore dan Ryan Lewis
5. Nicki Minaj
6. One Direction
7. PSY
8. Rihanna
9. Taylor Swift
10. Epic Rap Battles of History

Response of the Year:
1. Boyce Avenue (feat. Fifth Harmony) – “Mirrors” (Justin Timberlake)
2. Jayesslee – “Gangnam Style” (PSY)
3. Lindsey Stirling dan Pentatonix – “Radioactive” (Imagine Dragons)
4. The Piano Guys – “Titanium/Pavane” (David Guetta)
5. Walk Off the Earth (feat. KRNFX) – “I Knew You Were Trouble” (Taylor Swift)

YouTube Phenomenon:
1. Rihanna – “Diamonds”
2. PSY – “Gangnam Style”
3. Baauer – “Harlem Shake”
4. Taylor Swift – “I Knew You Were Trouble”
5. Macklemore dan Ryan Lewis – “Thrift Shop”
YouTube Breakthrough:
1. Kendrick Lamar
2. Macklemore dan Ryan Lewis
3. Naughty Boy
4. Passenger
5. Rudimental

Innovation of the Year:
1. Anamanaguchi – “Endless Fantasy”
2. Atoms For Peace – “Ingenue”
3. Bat For Lashes – “Lilies”
4. DeStorm – “See Me Standing”
5. Toro Y Moi – “Say That”.

Mau ikut voting? Masih sempat!

Vonny Sumlang Rilis Ulang Lagu ‘Ratu Sejagad’

Seniman sejati tidak akan pernah berhenti berkarya meski di usianya yang terus bertambah. Hal itulah yang dilakukan penyanyi senior, Vonny Sumlang.
Meretas karier di tahun 1986, penyanyi yang pertama kali memoluerkan lagu “Ratu Sejagad” ini tidak pernah jauh dari dunia tarik suara. Bahkan di kuarter keempat tahun 2013 ini, Vonny meluncurkan album ke sembilannya bertajuk “Kekuatan Cinta”. Ini kata Vonny:

“Usia tidak akan pernah matikan karunia dari Tuhan. Meski usia seseorang 100 tahun, tapi kalau dia terus mensyukuri bakat yang telah diberikan oleh Tuhan maka usia bukanlah masalah.”

Vonny menghadirkan delapan lagu. Dua lagu diantaranya merupakan ciptaan Vonny sendiri.

“Dua lagu ciptaan saya ‘Love oh Love’ dan ‘Yang Kusayang’. Dua lagu ini menjadi penyeimbang isi album karena lebih nge-beat, enak untuk di panggung.”

Dalam penggarapan albumnya, Vonny bekerjasama dengan seorang music director muda, Johnwill. Termasuk untuk lagu “Ratu Sejagad” yang diaransemen ulang, juga dipercayakan pada Johnwill. Bekerjasama dengan Johnwill disebut Vonny satu kesempatan yang luar biasa. Keduanya bisa mengeksplorasi banyak hal sehingga lagu yang disajikan sangat maksimal.

Keduanya juga yakin lagu-lagu di album ini dapat menjadi bukti seorang Vonny Sumlang tak pernah berhenti berkarya.
Disinggung soal lagu “Ratu Sejagad”, Vonny sengaja mengaransemen ulang lagu tersebut untuk masuk ke kalangan anak muda. Ia mengakui lagu tersebut telah banyak dikenal karena beberapa kali dinyanyikan sejumlah penyanyi. Hingga kemudian dipilihlah aransemen yang riang dengan memasukkan unsur reggae dan shuffle. Vonny berharap albumnya ini diterima dengan baik oleh masyarakat.