Music In News This Week

Gugun Blues Shelter Akan Buka Konser Aerosmith di Jakarta

Gugun Blues Shelter (GBS) akan menjadi band pembuka konser grup rock legendaris dari AS Aerosmith di Parkir Barat JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 11 Mei 2013. Mereka menganggap itu sebagai kesempatan sekali seumur hidup alias tak akan terulang. Kata vokalis yang juga gitaris GBS, Gugun:

“Mereka itu legend banget, sudah pada tua-tua, tahun depan belum tentu ada lagi. Jadi, ini kesempatan sekali seumur hidup.”

Karena kesempatan itu hanya akan datang satu kali melalui The Global Warming Tour, GBS akan menyemarakkan panggung Steven Tyler (vokal), Joe Perry (gitar), Brad Whitford (gitar), Tom Hamilton (bas), dan Joey Kramer (drum) itu dengan aransemen musik yang spesial.

Secara pribadi Gugun mengaku sebagai penggemar berat Aerosmith, yang mengaku mengoleksi album-album Aerosmith sejak 1989.

“Sudah lama saya nge-fan sama Aerosmith, banyak memberi inspirasi juga. Makanya, sampai sekarang kami latihan-latihan terus untuk konser nanti. Kayaknya enggak mungkin cover lagu-lagu mereka. Kami akan bawain enam lagu kami sendiri.”

Aerosmith terkenal sebagai band yang sangat produktif pada era 1970-an hingga 1980-an. Hampir setiap tahun mereka mengeluarkan album. Setelah Rocks dirilis, mereka mengeluarkan album-album Draw the Line (1977), Live Bootleg (1978), Nights in the Ruts (1979), Rock in a Hard Place (1982), Done with Mirrors (1985), dan Permanent Vacation (1987).

Album Pump dirilis pada 1989. Album tersebut mengikuti keberhasilan album-album pendahulunya dengan bertengger di peringkat kelima tangga album Billboard 100 dan terjual lebih dari empat juta copy di seluruh dunia berkat lagu-lagu “Love in an Elevator”, “Janie’s Got a Gun”, dan “What It Takes”. Dalam rangka konser The Global Warming Tour Aerosmith di Jakarta, tiket presale pertunjukan tersebut sudah ludes terjual pada 9 Maret 2013.

 

Vanilla Ice masuki komunitas Amish untuk sebuah reality show

Rapper Vanilla Ice dijadwalkan akan bergabung ke dalam sebuah komunitas untuk sebuah pertunjukan realita di televisi. Dengan judul Vanilla Ice Goes Amish, rapper yang punya nama asli Robert Van Winkle akan mulai disiarkan akhir tahun ini di saluran televisi Amerika Serikat, DIY Network.

Rekaman akan dilaksanakan di Ohio dan Ice akan menyelami kehidupan budaya Amish dengan fokus khusus pada proyek-proyek konstruksi, demikian dilaporkan MSN. Sebelumnya, ia juga pernah berperan dalan sebuah program televisi mengenai perbaikan rumah, menjadi seorang tukang yang handal, berjudul The Vanilla Ice Project di saluran televisi yang sama di tahun 2011.

Apakah ia berhenti dari musik? Ternyata tidak. Vanilla Ice juga merilis album studio keenamnya bertitel ‘WTF (Wisdom, Tenacity And Focus)’, tahun 2011. Bagi yang tak kenal, Vanilla Ice melejit popularitasnya di tahun 1990 dengan lagu ‘Ice Ice Baby’, lagu hip-hop pertama yang menduduki posisi puncak US Billboard chart.

Jack White akan rilis soundtrack ‘The Great Gatsby’ dalam bentuk vinyl melalui Third Man Records

Senang mengoleksi vinyl berkualitas? Yang ini boleh ditunggu. Third Man Records milik Jack White akan merilis versi vinyl untuk soundtrack The Great Gatsby. Vinyl edisi khusus ini akan berisi 17 lagu, 3 lebih banyak dari versi standar CD dan akan dikemas dalam sampul yang didesain spesial.

White sendiri muncul dalam soundtrack yang menghiasi film karya sutradara Baz Luhrmann yang diangkat dari novel klasik karangan F Scott Fitzgerald. Kontribusi White berjudul ‘Love Is Blindness’.

Album ini akan dirilis di Inggris 6 Mei mandating dan menghadirkan lagu-lagu baru dari Florence And The Machine, The xx, Gotye, Bryan Ferry, Will.i.am dan Nero.

Ini dia daftar lengkap lagu yang tersedia dalam versi standar The Great Gatsby:

‘100$ Bill’ – Jay-Z
‘Back To Black’ – Beyonce x Andre 3000
‘Bang Bang’ – will.i.am
‘A Little Party Never Killed Nobody (All We Got)’ – Fergie + Q Tip + GoonRock
‘Young And Beautiful’ – Lana Del Rey
‘Love Is The Drug’ – Bryan Ferry with The Bryan Ferry Orchestra
‘Over The Love’ – Florence + The Machine
‘Where The Wind Blows’ – Coco O. of Quadron
‘Crazy In Love’ – Emeli Sande and The Bryan Ferry Orchestra
‘Together’ – The xx
‘Hearts A Mess’ – Gotye
‘Love Is Blindness’ – Jack White
‘Into The Past’ – Nero
‘Kill And Run’ – Sia
The Great Gatsby is in cinemas from May 17 and stars Leonardo DiCaprio, Carey Mulligan and Tobey Maguire.

 

Project Pop: “Gara-gara Kahitna”
”Gara-gara Kahitna/kita pun punya cerita cinta”. Itulah sepenggal lirik lagu terbaru dari Project Pop yang tak pernah kehabisan ide kreatif untuk membuat lagu yang unik dan lucu. Baru-baru ini mereka meluncurkan singel terbaru ”Gara-gara Kahitna” yang mengambil lirik dan judul lagu-lagu Kahitna.

Semua personel Project Pop (Yosi, Gugum, Udjo, Tika, Oddie, dan Oon) memang mengidolakan band Kahitna yang mempunyai segudang lagu cinta.

”Siapa sih yang enggak kenal Kahitna? Paling enggak, satu atau dua lagu Kahitna pasti mewakili cerita cinta orang- orang, termasuk kami berenam pun begitu. Kalau karaoke, kami pasti memilih lagu Kahitna.”

Bukan hanya musik, lirik, dan judul lagu yang dipakai Project Pop, personel Kahitna pun muncul di klip video ”Gara-gara Kahitna”. Video dengan one take shot itu berkonsep minimalis, dengan latar belakang suasana supermarket. Kahitna muncul di akhir klip video dengan gaya yang santai. Kata Tika:

”Kami terharu sekali, Kahitna mau datang dan sabar menunggu. Padahal, shooting klip video di malam hari dan diulang sampai sembilan kali. Mereka datang semua, kecuali Doddy.”

Akun Twitter mereka pun ramai dipenuhi celoteh penggemar soal video dan lagu yang sebenarnya sudah dibuat sejak empat tahun lalu itu.