#NumpangNgeceng: Alanis Morissette

Alanis adalah anggota serial televisi internasional, You Can’t Do That on Television di 1986, saat itu Alanis masih duduk di bangku sekolah dasar.

Rekaman kali pertama di usia 10 tahun. Demo lagunya berjudul “Fate Stay with Me” dan “Find the Right Man”. Diproduseri Lindsay Thomas Morgan di Studio Marigold, Toronto. Pimpinan MCA Records Canada, John Alexander mengaku sangat terkesan dengan bakat Alanis, suaranya dan lagu yang ia tulis sendiri di usia muda. Namun, John tidak mengajaknya bergabung dengan label karena Alanis masih terlalu muda.

Tahukah Bujang Dare, Alanis merilis album pop self titled di 1991. Album tersebut diterima cukup baik, single pertamanya “Too Hot” dan mendapat platinum untuk album dance-pop dengan penjualan terbaik. Ia bahkan disebut sebagai Debbie Gibson-nya Canada. Alanis pernah menjadi artis pembuka untuk tur Vanilla Ice. Untuk album kedua Now Is the Time, sayangnya terjual kurang dari setengah album debutnya.

Setelah karir di musik dance-pop, Alanis pindah ke Los Angeles di 1995 dan merilis album Jagged Little Pill dibawah manajemen baru. Berakhir manis, karena album tersebut menjadi salah satu album tersukses dalam satu dekade.

Stasiun radio rock modern berpengaruh di Los Angeles, KROQ-FM-lah yang memutarkan “You Oughtta Know” lebih dulu dari siapapun. Keenam singlenya sukses seperti “You Oughtta Know”, “Hand In My Pocket”, “Ironic”, “You Learn”, “Head Over Feet”, dan “All I Really Want”.

Penyuka fitness dan Alanis adalah pengajar aerobik, masuk dalam tim renang Kanada.

Menikah dengan rapper Mario “souleye” Treadway di 2010.