#NumpangNgeceng: Alicia Silverstone

Alicia Silverstone, aktris yang dikenal lewat film Clueless dan The Crush. Ia adalah ktivis lingkungan, hewan, dan seorang vegetarian. Ia dinobatkan sebagai “Sexiest Female Vegetarian” oleh PETA di 2004.

Lahir di San Francisco, 4 Oktober 1976 dari Monty Silverstone, real estate developer, dan Didi Radford, mantan pramugari. Alicia adalah bungsu dari tiga bersaudara.

Memulai karir sejak usia 6 tahun, ketika ayahnya mengirim foto Alicia ke agensi model. Iklan pertamanya adalah Domino’s Pizza, dan sejak itu ia aktif di dunia model dan iklan, sampai akhirnya mendapat peran di The Wonder Years.

Alicia DO dari sekolahnya di Hollywood High School untuk mengejar karir di akting dan modelling. Meski demikian, ia mengikuti tes kesetaraan dan lulus tingkat SMA.

Perannya di layar lebar dimulai pada 1993 untuk film The Crush. Dilanjutkan sebagai model video klip band Aerosmith di tahun yang sama. Video klip tersebut mencuri perhatian sutradara Amy Heckerling, yang sedang mencari pemeran utama untuk film remaja, Clueless, yang kemudian mempopulerkan namanya.

Akhir 90an dan awal 2000an, ia membintangi film seperti Batman and Robin (1997), Blast from the Past (1999), Love’s Labour Lost (2000), dan Beauty Shop (2005).

Diluar akting, Alicia sangat peduli terhadap hewan dan lingkungan. Menjadi vegetarian sejak 1998. Ia merilis buku The Kind Diet : A Simple Guide to Feeling Great, Losing Weight, and Saving the Planet di 2009. Disini ia membagikan detail gaya hidupnya.

Menikah dengan musisi rock Christopher Jarecki di 2005. Mereka memiliki satu putra, Bear Blu Jarecki di 2011. Ia menulis buku berjudul The Kind Mama di 2014.