Browse By

#NumpangNgeceng Angus Young

Bernama lengkap Angus McKinnon Young, baru saja merayakan ulang tahun ke-61 pada 31 Maret yang lalu. Gitaris asal Glasgow, Skotlandia ini adalah salah satu figur dalam rock and roll yang paling mudah diingat. Mulai dari seragam sekolahnya yang setia ia pakai sampai Duck Walk, gaya yang selalu ia tunjukkan saat tampil. Siapa sangka, ia tidak mengira akan diajak oleh saudaranya, Malcolm Young untuk bergabung dengan salah satu band rock besar, AC/DC.

Angus adalah anak bungsu dari delapan bersaudara. Alat musik pertamanya adalah banjo, tapi ia ubah dengan enam string. Ia kemudian memainkan gitar akustik pemberian hadiah dari ibunya. Gitar pertamanya yang ia beli sendiri adalah Gibson SG. Ia beli pada 1970 di toko musik yang tidak jauh dari rumahnya di Australia. Angus dan keluarga pindah ke Australia tujuah tahun sebelumnya. Dan Gibson SG ini masih ia miliki sampai sekarang dan masih menjadi gitar favoritnya.

Sebelum masuk di dunia musik, Angus bekerja sebagai typesetter di majalah pria seperti Playboy, Ribald. Ia tidak melanjutkan sekolah di usia 15 tahun dan memilih bekerja di majalah tersebut. Banyak yang berpendapat bahwa pekerjaannya di majalah pria ini memberi pengaruh dalam menulis lirik lagu-lagu AC/DC.

Band pertamanya adalah Kantuckee, bubar dan ia membentuk grup bernama Tantrum. Di usia 18 tahun, ia diajak Malcom untuk mendirikan AC/DC pada 1973. Ajakan ini sempat membuatnya terkejut dan tidak mengira, karena mereka tidak pernah bermain musik bersama, bahkan dirumah mereka jarang bersama. Angus pernah mencoba masuk ke kamar Malcom saat ia menulis lagu, dan Malcom menyuruhnya keluar.

Penggemar berat AC/DC pasti tahu saudara perempuan Angus-lah yang menyarankannya untuk berpakaian seperti anak sekolah ketika di atas panggung. Sebelum seragam sekolah, ia telah mencoba banyak kostum, seperti gorilla, spiderman dan superhero lain. Saat memakai kostum Superman, ia menyebut dirinya sebagai Super-Ang. Tidak banyak yang tahu kalau Margaret, juga yang memberi nama band AC/DC yang ia dapat setelah membacanya di alat penyedot debu. Angus dan Malcolm senang dengan nama tersebut setelah tahu bahwa AC/DC juga berarti power dan elektrik.

Angus sangat dekat dengan Keith Emerson dari Emerson, Lake and Palmer (ELP) saat AC/DC mengerjakan album “Back in Black”. Mereka merekam album tersebut di Bahamas, tempat Keith tinggal. Keith meninggal pada awal Maret 2016 akibat depresi akut.

Signature strut dari seorang Angus, adalah “Duck Walk”, dimana ia bertumpu pada satu kaki dan kaki lainnya seperti menendang berulang-ulang. Ini terinspirasi dari idolanya yang juga melakukan hal yang sama, Chuck Berry.

Musisi juga memiliki idola dari artis lain, meski idola tersebut tidak berasal dari genre musik yang sama. Selain Chuck Berry, Angus juga sangat menggemari musisi jazz hebat seperti Louis Armstrong yang ia sebut sebagai salah satu musisi terhebat sepanjang masa.

Angus seorang perokok berat dan tidak pernah minum alkohol. Berbeda dengan Bon Scott atau Malcolm Young yang kerap tertangkap sambil minum Jack Daniels. Faktanya Angus lebih senang minum susu cokelat dan sesekali kopi.

Angus menikah dengan Ellen sejak 1980. Memiliki rumah di Autralia, Inggris dan Belanda, negara asal isterinya.

Kalau beberapa gitaris merasa bahwa bermain solo adalah hal yang tersulit, tidak bagi Angus. Ia malah merasa bahwa hal tersebut sangat mudah. Ia pernah menyampaikan bahwa yang tersulit adalah bermain bersama banyak orang dan bagaimana memainkannya dengan benar.