Browse By

#NumpangNgeceng: Anthony Hopkins

Generasi sekarang mungkin mengenal Anthony Hopkis lewat perannya sebagai Odin di film Thor, tapi bagaimana dengan Bujang Dare yang besar di era 80an-90an?

Pemilik nama lengkap Sir Phillip Anthony Hopkins ini adalah aktor film, teater dan televisi. KelahirIa juga dikenal sebagai komposer sutradara, dan pelukis. Kelahiran Welsh, menempuh studi di Welsh College of Music and Drama, kemudian lanjut ke Royal Academic of Dramatic Art di London.

Disebut sebagai salah satu aktor terbaik yang pernah ada. Bujang Dare mungkin paling mengingatnya lewat film The Silence of the Lambs sebagai Hannibal Lecter. Perannya ini berhasil membuatnya memenangkan Academy Award sebagai Aktor Terbaik. Penghargaan ini ia menangkan bersama rekan satu filmnya, Jodie Foster yang memenangkan kategori Aktris Terbaik.

Dalam film tersebut, Anthony hanya tampil dalam waktu 24 menit 52 detik, penampilan tersingkat kedua yang berhasil memenangkan Oscar.

Selain Oscar, Anthony telah memenangkan 3 BAFTA Awards, 2 Emmy dan 1 Cecil B. DeMille Award.

Mendapat gelar “Sir” oleh kerajaan Inggris dan diberikan langsung oleh Ratu Elizabeth di 1993 atas karyanya dibidang seni.

Tidak banyak yang tahu, bahwa Anthony Hopkins mengidap disleksia, kesulitan dalam membaca. Meski demikian, ia memiliki ingatan sangat baik, dan inilah yang membantu karir aktingnya.

Anthony mengaku bahwa salah satu alasan kenapa ia memutuskan sebagai aktor adalah agar ia dapat bertemu dengan aktris idolanya. Claire Bloom – lah yang dimaksud Anthony. Claire dikenal lewat film Limelight (1952).