Browse By

#NumpangNgeceng: Celine Dion

Celine Dion, bungsu dari 14 bersaudara.

Keluarga besarnya membentuk The Dions yang tampil di bar Le Vieux Baril, Charlemagne, Quebec. Celine mulai tampil di usia 5 tahun. Pengunjung kagum dengan Celine dan kerap memintanya untuk tampil.

Rekaman lagu pertamanya berjudul “Ce N’était Qu’un Rêve” (It Was Only a Dream) di usia 12 tahun. Saudaranya Jacques mengirim demonya ke produser René Angélil. Terkesan, Angelil merekrutnya ke label rekaman dan juga menikahi Celine di 1994.

Di usia 18 tahun, Celine telah memenangkan banyak penghargaan dan merilis 9 album bahasa Prancis. Celine melihar superstar Michael Jackson di televisi. Celine ingin sukses seperti Michael, inilah yang ia sampaikan ke suaminya.

Angelil meminta Celine untuk rehat sementara, dan di”makeover” total. Ia belajar bahasa Inggris dan merilis album berbahasa Inggris pertama, Unison (1990).

Bujang Dare tentu mengingat Celine lewat hits “My Heart Will Go On”, lagu tema film terlaris, Titanic. Lagu ballas dengan penjualan terbaik sepanjang masa. Recording Industry Association of America bahkan menyebutnya sebagai “songs of the century”. Tapi tahukah Bujang Dare, bahwa Celine awalnya menolak dan tidak menyukai lagunya.

Angelil, membujuknya untuk rekaman demo lagu tersebut. Demo dilakukan hanya satu kali rekaman saja.

Agustus 2008, Celine menerima gelar kehormatan doktor Laval University, Quebec. Meski Celine tidak menyelesaikan pendidikan di SMA.

Angelil, meninggal dunia akibat kanker di 2016.

Hingga kini, Celine menjadi artis Kanada dengan penjualan terbaik sepanjang masa. Ia telah menjual lebih dari 200 juta copy album di seluruh dunia.