Browse By

#NumpangNgeceng: Chris Cornell

Bagaimana Bujang Dare mengingat Christopher John Boyle alias Chris Cornell?

Lahir pada 20 Juli 1964, di Seattle, Washington, dari ayah Ed Boyle seorang farmasis dan ibu Karen Cornel seorang akuntan. Mereka berpisah dan Chris tumbuh besar bersama kelima saudaranya yang juga berbakat di bidang musik. Tidak menyelesaikan sekolah sampai SMA, Chris bermain musik untuk mendukung perekonomian keluarga.

Chris menikah dengan Susan Silver, manager Alice in Chains dan Soundgarden. Bersama Susan, Chris memiliki anak perempuan, Lillian Jean (2000). Chris dan Susan berpisah pada 2004. Sempat ada perseturuan antara Chris dan Susan yang melibatkan koleksi 15 gitar Chris, kasus tersebut dimenangkan Chris pada Desember 2008.

Chris menikah kali kedua dengan Vicky Karayiannis, publisis Amerika, dan memiliki dua anak Toni dan Christopher Nicholas Cornell.

Band pertama Chris, The Shemps, sering membawakan lagu-lagu band lain dan tampil di sekitar Seattle. Setelah The Shemps bubar, Chris membentuk Soundgarden bersama Kim Thayil dan Hiro Yamamoto di 1994. Tahukah Bujang Dare, posisi Chris awalnya sebagai drummer dan vokalis. Namun setelah Scott Sundquist masuk sebagai drummer, Chris fokus sebagai vokalis. Scott kemudian diganti oleh Matt Cameron.

Merilis album debut di label C/Z Record pada 1988. Mendapat nominasi Grammy untuk Best Metal Performance. Pada 1990an, Soundgarden menjadi salah satu band tersukses selain Alice in Chains, Nirvana, dan Pearl Jam. Mengakhiri era 90an, Soundgarden mengumumkan rehat.

Chris dikenal sebagai musisi berbakat dan penulis lagu. Memiliki range vokal mendekati empat oktaf.

Merilis album solo, Euphoria Morning (1999), kolaborasinya bersama Alain Johannes dan Natasha Shneider. Meski tidak sukses komesil, tapi album ini dinominasikan sebagai Best Male Rock Vocal Performance di ajang Grammy Award. Album solo keduanya, Carry On (2007) diproduseri Steve Lillywhite.

Membentuk Audioslave pada 2001 bersama personil Rage Against the Machine, Tom Morello, Tim Commerford, dan Brad Wilk.

Ditemukan meninggal dunia di Hotel MGM Grand Detroit oleh temannya. Kepergiannya yang tiba-tiba dan mendadak ini dilaporkan oleh Kepolisian Detroit yang melakukan investigasi menduga bahwa Chris bunuh diri. Chris sedang tur bersama Soundgarden sampai akhir bulan Mei 2017. Chris bahkan sempat menuliskan cuitan di twitter mengenai turnya beberapa jam sebelum kematiannya.