Browse By

#NumpangNgeceng Christ Kayhatu

Christ Kayhatu adalah vokalis dan pencipta lagu yang banyak menelurkan lagu hits. Namanya memang identik dengan genre jazz. Kiprahnya mulai menjadi perbincangan dengan membentuk Funk Section. Ia juga pernah merilis album solo, seperti Misteri Cinta. Di album ini Christ dibantu oleh nama-nama besar musik jazz seperti Jopie Item, Karim Suweileh, Yance Manusama, Embong Raharho dan Joko. Abum ini menampilkan hits seperti “Misteri Cinta”, “Kau Yang Ceria”, “Bukan Hanya”, dan “Rame Rame”.

Musisi kelahiran Ambon, 27 Januari 1957 ini sering memperhatikan bagaimana Minggus Tahitu menulis lagu. Sampai ia tergerak untuk menulis lagu sendiri. Aktif di kegiatan gereja yang banyak memberinya bekal musik sampai ia mantap memilih musik untuk kedepannya. Bersama Minggus Tahitu pada 1976-1977, ia bergabung dalam kelompok vokal Petrus Gereja dan mengikuti lomba Vokal Group Gereja Se-DKI Jakarta, dan mereka berhasil memenangkan juara 1. Ia juga aktif dalam kelompok vokal, Emerson Vocal Group.

Pernah membentuk band Clique Fantastique.

Christ juga menjadi pemain keyboards dalam sejumlah rekaman yang dirilis oleh Yoan Record milik Enteng Tanamal. Christ mulai menulis lagu lagi pada 1977 dengan judul “Manusia”. Christ bersama rekannya Tommy Wahyudin S kemudian menulis lagu bersama.

Christ dan Tommy lalu mengikutsertakan lagu-lagu ciptaan mereka ke ajang Lomba Cipta Lagu Remaja yang diadakan radio Prambors Rasisionia di 1978 .Ternyata ada dua lagu karya mereka berdua yang berhasil masuk 10 Besar yaitu “Khayal” dan “Resah”.Lagu “Khayal” sendiri malah menjadi juara 1.

Di tahun itu pula Christ Kayhatu membentuk band Ekhsa Bhama yang sebagian anggotanya adalah mantan Clique Fantastique dan merilis album debut, “ Harapan”. Di Ekhsa Bhama Chris bersama Greggy M. Manupassa.

Tahun 1981 bersama pemusik jazz seperti Jopie Item (gitar), Embong Rahardjo (saksofon), Karim Suweileh (drum), Joko WH (gitar), Mus Mujiono (gitar) dan Yance Manusama (bass) merekam album jazz “Nada dan Improvisasi”. Di album ini muncul hits karya Christ Kayhatu berjudul “Mungkinkah” yang dinyanyikan penyanyi jazz Jacky Bahasoan. Mereka juga mengiringi penyanyi jazz seperti Nunung Wardhiman, Jackie dan Utha Likumahua sampai Glen Fredley juga pernah mengisi posisi vokalis.

Tahun 1981 kembali lagu karya Christ Kayhatu “Tembang Pribumi” terpilih menjadi juara 1 dalam Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors.

Sejak itu lagu-lagu karya Christ Kayhatu mulai dibawakan banyak penyanyi mulai dari Chrisye, Nunung Mardhiman, Utha Likumahuwa, Ade Manuhutu, Cici Sumiati hingga Vina Panduwinata.

Chris meninggal dunia di usia 34 tahun pada 1991, ia juga dikenal sebagai penyanyi yang mempopulerkan lagu dengan bahasa Ambon seperti “Rame-Rame” dan “Enggo Lari”.

(sumber)
(sumber)