#NumpangNgeceng : Jackie Chan

Aktor Hong Kong, Jackie Chan menerima penghargaan bergengsi dari Academy of Motion Pictures and Sciences atas empat penghargaan kehormatan Oscar. Penghargaan tersebut diterimanya pada Sabtu, 12 November 2016.

Jackie Chan mengatakan bahwa berdiri di atas podium saat ini di momen ini adalah impian. Setelah 56 tahun di industri film, membuat lebih dari 200 film dan telah mematahkan banyak tulang, akhirnya kesempatan menerima Oscar seutuhnya menjadi miliknya.

Aktor 62 tahun ini menyebut dengan memenangkan Oscar, ia telah melengkapi ambisi dalam hidupnya 23 tahun yang lalu ketika ia menyentuh satu patung Oscar di kediaman Sylvester Stallone. Hadir dalam acara penerimaan penghargaan Denzel Washington, Lupita Nyong’o, Nicole Kidman, Emma Stone, Ryan Reynolds, Judd Apatow, Helen Mirren dan Amy Adams.

Ada beberapa hal lain yang perlu Bujang Dare ketahui dari aktor yang dikenal mengerjakan seluruh perannya sendiri tanpa pemeran pengganti (stuntman) ini,

1. Tergolong bayi dengan berat yang besar, 12 lbs
Jika sebagian besar bayi lahir dengan berat sekitar 8 lbs, lahir dengan nama Chan Kong-sang ini lahir dengan berat 12 lbs. Beratnya sama dengan sepuluh kantung besar yang isinya kentang.

2. Ia dapat bernyanyi, benar-benar bernyanyi.
Jackie Chan terdaftar di Chinese Opera Research Institute di usia 7 tahun dan mengawali latihannya tidak hanya di bidang akrobatik dan seni bela diri, tapi juga drama dan menyanyi. Lingkungan institusi ini mendorong siswanya untuk ahli di banyak bidang. Sebagai buktinya, ia menyanyikan theme song 26 film yang dibintanginya dan telah memproduseri lebih dari 20 album.

3. Mendirikan agensi khusus untuk pemeran pengganti.
Ia menjadi one-man di rumah produksi di Hong Kong pada 1980. Ia menulis, menyutradarai dan memproduseri sendiri pekerjaannya. Ia mendirikan “Jackie Chan Stuntmen Association”, beranggotakan pemeran pengganti yang dapat ia latih dan ia ajak dalam filmnya. Mereka yang bergabung mendapat jaminan kesehatan dan perlindungan. Meski demikian, fakta di lapangan banyaknya pemeran penggantiyang terluka membuat mereka enggan bergabung kembali. Tahukah Bujang Dare, tidak ada satu perusahaan/ agensi yang memberikan jaminan asuransi pada Jackie Chan dan timnya. Jackielah yang membayar asuransi diri sendiri dan timnya.

4. Pernah bermain di film dewasa
Jangan kaget, film dewasa di Tiongkok sangat berbeda dengan film sejenis di Amerika. Meski demikian, masih ada stigma negatif mereka yang bekerja di film tersebut. Jackie berperan sebagai supir dalam film dewasa “All in the Family”. Jackie beralasan bahwa 31 tahun yang lalu ia tidak tahu harus bekerja apa, mengambil peran di film dewasa menjadi pilihannya.

5. Bersama legenda Bruce Lee.
Sebelum dikenal, ia adalah pemain akrobat dan stuntman di film Bruce Lee, “Fist pf Fury” (1972). Dalam sebuah majalah Kung-Fu, Jackie menyebutkan bahwa kemampuan fisiknya didapatnya berkat latihan fisik dasar sejak usia 6-7 tahun. Ia juga pernah terluka selama syuting, tapi tidak sebanyak orang biasanya.

6. Drunken master.
Jackie mengawali akting di usia yang sangat muda, ia membuat penonton terkagum-kagum dengan aktingnya sebagai drunken master. Teknik seperti itu ia bawa di film awal kung-fu nya. Siapa sangka, teknik “mabuk” digabung dengan aksi bertarungnya yang kompleks dan komedi berhasil membawanya memiliki karir yang panjang.

7. Nama Jackie dan keluarganya.
Jackie ia dapatkan saat ia bekerja sebagai pekerja konstruksi di Canberra, Australia. Ayahnya, Charles adalah mata-mata untuk pemerintah nasionalis Tiongkok. Ibunya, Lee-Lee, adalah seorang performer yang pernah menjual opium. Jackie menikah dengan aktris Taiwan, Lin Feng-Jiao di 1982. Memiliki anak laki-laki, Jaycee Chan dan anak perempuan dari hubungannya dengan Elaine Ng Yi-Lei.

8. Rekor Guinness.
Guinness memberinya penghargaan dengan rekor dalam hampir seluruh kredit film di “Chinese Zodiac”. Ia berperan sebagai penulis, sutradara, aktor utama, produser, eksekutif produser, sinematografer, art-director, manajer unit produksi, koordinator pemeran pengganti, prop man¸gaffer, pemeran pengganti, komposer, vokalis theme song, dan catering coordinator.

(Sumber)
(Sumber)
(Sumber)
(Sumber)