Browse By

#NumpangNgeceng : Jennifer Anniston

Jennifer Joanna Aniston, lahir 11 Februari 1969, California dari ayah John Aniston dan ibu Nancy Dow. Kedua orangtuanya adalah artis.

Keturunan Yunani, Inggris, Irlandia, Skotlandia dan Italia.

Dibesarkan di New York sejak 9 tahun, sebelumnya di Yunani. Di New York ia mulai menemukan kemampuannya untuk berakting. Mengikuti sekolah drama paling bergengsi dan mendapatkan peran dalam opera sabun “Days of Our Lives” di usia 11 tahun.

Jennifer pernah bekerja di produksi off broadway untuk pementasan “For Dear Life” dan “Dancing on Checker’s Grave”. Bahkan ia pernah bekerja sampingan sebagai telemarketer, pramusaji dan kurir sepeda.

Terkenal lewat perannya sebagai Rachel Green di serial komedi situasi “Friends” yang tayang di 1994. Model rambutnya menjadi sangat populer di era 1990an dan sering disebut sebagai model “The Rachel”.

Tahukah Bujang Dare, sebelum bergabung di “Friends”, Jennifer sempat tertekan karena empat acara televisi sebelumnya tidak menuai sukses. Jennifer meminta saran dari Warren Littlefield, kepala NBC Entertainment, Warren menyarankannya untuk tetap berakting. Beberapa bulan berikutnya, dari Warren lah, Jennifer mendapat ajakan kasting “Friends”, komedi situasi yang debut di NBC untuk tayang pada 1994-1995.

Jennifer awalnya diaudisi untuk peran Monica Geller, namun diganti Courtney Cox karena dianggap paling sesuai memerankan Monica. Jennifer kemudian mendapat peran sebagai Rachel Green.

“Friends” sukses besar, Jennifer bersama rekannya mulai mendapat reputasi dan dikenal luas oleh penikmat televisi. Saking populernya, Jennifer mendapat bayaran sebesar 1 juta dollar Amerika Serikat untuk setiap episode pada dua musim terakhir serial “Friends”. Namanya bahkan tercatat di Guinness World Book of Records di 2005 sebagai aktris TV dengan pembayaran tertinggi sepanjang masa bersama dua rekannya, Courtney Cox dan Lisa Kudrow.

Di “Friends”, Jennifer mendapat lima nominasi Emmy Award (dua kategori Supporting Actress, tiga kategori Lead Actress). Ia juga memenangkan Outstanding Lead Actress in a Comedy Series. Dinominasikan dua Golden Globe Award, dan menang di 2003 kategori Best Actress – Television Series Musical or Comedy.

Selama syuting “Friends”, Jennifer juga bermain di beberapa film, didominasi film komedi romantis. Seperti “She’s the One”, “Picture Perfect”, “Office Space”, sampai “The Good Girl” yang mulai menunjukkan kemampuannya sebagai aktris yang patut diperhitungkan.