Browse By

#NumpangNgeceng : John Hughes

John Hughes sangat populer di kalangan remaja era 1980an dengan serangkaian film remaja yang ia sutradarai. Dimulai dengan Sixteen Candles (1984), yang dibintangi Molly Ringwald, Anthony Michael Hall, John Cusack, Joan Cusac dan Jami Gertz. Dilanjutkan dengan The Breakfast Club dan Weird Science di tahun 1985, Ferris Bueller’s Day Off yang dibintangi Matthew Broderick rilis di 1986.

John pandai mencari bakat baru dan kerap bekerja sama dengan artis muda di setiap filmnya. Sebut saja Emilio Estevez, Judd Nelson dan Ally Sheedy. Mereka bertiga mendapat sebutan “The Brat Pack”.

Sukses di 1980an juga dilanjutkan dengan 1990an. Ia menjadi penulis dan produser seri Home Alone. Untuk seri pertama, dirilis oleh 20th Century Fox di tahun 1990 sukses besar, mencetak box office. Ceritanya juga sederhana, mengenai bocah laki-laki yang diperankan Macaulay Culkin, yang ditinggal keluarga berlibur. Film ini memperoleh penghasilan $285 juta dan dilanjutkan dengan dua sekuel berikutnya. Meski sukses besar, beberapa kritikus menyebut, film inilah yang kemudian mengganggu karirnya.

Beberapa kali menulis dengan nama samaran, Edmond Dantes. Diambil dari nama tokoh protagonis pada novel karangan Alexandre Dumas, The Count of Monte Cristo. John menulis dengan nama samaran tersebut untuk film Maid in Manhattan, Drillbit Taylor, dan franchise film the Beethoven.

John meninggal dunia di usia 59 tahun akibat serangan jantung.

Meski telah tiada, karya-karya John memberi pengaruh terhadap generasi milenial.