#NumpangNgeceng Kenny Rogers

Di awal karirnya, Kenneth Rogers mendapat saran dari pembawa acara bincang-bincang, Larry Kane, untuk memakai nama “Kenny” saja ketimbang “Kenneth”. Sekarang, Kenny Rogers, dengan 120 hits singles, 120 juta rekaman terjual, 3 Grammy Awards, 24 hits nomor satu, 3 buku fotografi, 5 pernikahan, lebih dari 20 kali mendapat peran sebagai aktor dan lebih dari 30 tahun karirnya bersama Dolly Parton.

Kenny Rogers lahir di Houston, Texas. Multi-instrumentalis, penyanyi, penulis lagu, produser dan aktor yang sudah mulai tampil sejak ia remaja. Lebih dikenal sebagai penyanyi country, meski ia beberapa kali menyanyi di luar genre tersebut. Hitsnya, “Lucille” menjadi nomor satu di tangga lagu pop dan country. Beberapa kolaborasi yang membuatnya populer, seperti bersama Dolly Parton, Aretha Franklin dan Alison Krauss. Kenny Rogers memberi pengaruh yang besar terhadap industri musik, “composing”, aransemen, penampilan dan produksi.

Perjalanan karirnya dimulai sejak ia SMA, menyanyi dan bermain di grup ensembel. Penampilannya bersama ensembel ini mendapat perhatian dan di tahun 1957 grup tersebut dapat kesempatan tampil di American Bandstand.

Setelah bergabung di banyak band, mulai dari The First Edition (yang kemudian lebih dikenal sebagai Kenny Rogers and the First Edition) di California, pada 1967. Band ini menggabungkan country, folk dan psychedelia yang sedang populer saat itu. Mereka mendapat kontrak dengan Reprise Records. Mereka merilis single “Just Dropped In (To See What Condition My Condition Was In)”, sukses dan bahkan Jimi Hendrix menyebutnya sebagai lagu favortinya saat itu.

Di awal terbentuknya the First Edition, penyanyi wanita juga berkontribusi dalam rekaman album. Karen Carpenter pernah ikut audisi tapi tidak lolos. Gonta-ganti personil, sampai perubahan arah musik menjadi penyebab grup ini bubar. Meski demikian, the First Edition, disebut sebagai salah satu yang memodernkan rockabilly dalam country rock di era 70an.

Setelah bubar, Kenny berkarir sebagai solois dan ia dikelilingi musisi top dan merilis lagu-lagu radio friendly. Setelah sukses di “Island in the Stream”, duetnya bersama Dolly Parton, ia berkolaborasi dengan beragam penyanyi, Dottie West, Sheena Easton dan Don Henley. Bahkan merilis album “Duets” (1984), satu album dimana Kenny duet dengan penyanyi lain. Kenny dibesarkan oleh keluarga yang taat beragama dan di tahun 1981 ia merilis album Natal pertamanya, album natal di tahun 1984 “Once Upon a Christmas”, kembali ia bernyanyi bersama Dolly Parton, terjual lebih dari 5 juta copy.

Kehidupan pribadinya sama bervariasinya dengan musiknya. Pernikahan pertamanya di tahun 1958 dan menjadikan kesibukan pekerjaannya seperti promosi dan tur di beberapa tempat sebagai alasan kegagalan pernikahan. Ia menikah sebanyak lima kali, dan meski ia disebut sebagai “nice guys” di industri, perceraiannya justru memberi kesan negatif media padanya.

Pernikahan kelimanya dengan wanita yang usianya terpaut 30 tahun lebih muda, membuat Kenny mulai melakukan operasi wajah agar terlihat lebih muda.

Pernah bekerja sama dengan mantan Gubernur Kentucky dan eksekutif KFC, John Brown, Jr. Mereka mendirikan Kenny Rogers Roasters Restaurant dan dibuka kali pertama di Amerika Serikat pada 1991, menawarkan menu ayam panggang yang dimasak dengan gaya tradisional Amerika. Brand ini tumbuh dengan cepat, bahkan menjadi bagian di salah satu episode Seinfeld. Satu dekade saja restoran ini bertahan dan ditutup karena bankrut, kecuali yang ada di Malaysia karena dikelola sendiri oleh grup Malaysia. Masih bisa mendapatkan Kenny Rogers Roasters di Malaysia, berminat?

Kenny Rogers juga seorang fotographer yang cukup dihargai, ia pernah diundang ke Gedung Putih di tahun 1993 untuk sesi foto Hillary Clinton.

Jauh sebelum ia merilis hits seperti “Lucille” dan “Lady”, Kenny bermain sebagai bassis dalam grup jazz, The Bobby Doyle Trio, di awal 1960an. Setelah bubar di 1965, ia memanjangkan rambutnya, menindik telinganya dan membentuk grup rock, The First Edition (yang kemudian dikenal sebagai Kenny Rogers and The First Edition). Bersama The First Edition, Kenny merilis lagu pop, “Just Dropped In (To See What Condition My Condition Was In)”, yang menjadi hits di 1968. Untuk Bujang Dare penggemar The Big Lebowski (1998), akan mengingat bagian dimana “The Dude’s bowling dream”, itu adalah suara Kenny.

Pemain tenis tingkat profesional. Kenny bermain tenis selama 10 tahun, 8 jam setiap harinya berlatih untuk bisa bermain di pertandingan Wimbledon. Tenis menjadi obsesinya.

Di tahun 2003 ia mendirikan Kenji Design Studio, firm desain interior di Atlanta, bersama partner Jim Weinberg. Perusahaan tersebut menangani kontrak besar, Kenny mengaku bahwa ia otodidak soal desain interior.

Terdapat situs menwholooklikekennyrogers.com, sebuah situs sebagai bentuk tribute untuk Kenny Rogers dan dipilih satu dari 100 situs top sepanjang massa oleh Yahoo!. Dalam situs ini semua hal seputar Kenny Rogers dibahas, seperti petunjuk “Bagaimana Terlihat Seperti Kenny” sampai Kenny Hall of Fame.