Browse By

#NumpangNgeceng : Lauryn Hill

Lauryn Hill, penyanyi, penulis lagu, rapper, produser dan aktris asal Amerika Serikat. Lahir pada 1975 dan dibesarkan di keluarga kelas menengah di South Orange, New Jersey.

Bakat musiknya didapat dari kedua orangtuanya, Mall dan Valerie Hill, koleksi rekaman mereka kerap dimainkan dirumah. Ibunya mahir bermain piano dan ayahnya penyanyi klub malam lokal dan acara pernikahan. Lauryn mendengarkan Curtis Mayfield, Stevie Wonder, Aretha Franklin dan Gladys Knight. Ia menyebut lagu “What’s Going On” dari Marvin Gaye sebagai lagu yang sering diputar sampai ia tertidur

Memulai karirnya di dunia akting pada 1991, tampil di Jean in Club XII, pertunjukan musikal Broadway, Twelfth Night dari Shakespeare. Tidak sukses memang, tapi ada agen yang memperhatikannya. Tahun berikutnya ia tampil di As the World Turns sebagai Kira Johnson.

Bersama Whoopie Goldberg di Sister Act 2 : Back in the Habit (1993), ia memerankan Rita Louise Watson. Ia membawakan lagu “His Eye Is on the Sparrow” (duetnya bersama Tanya Blount) dan “Joyful, Joyful”. Sutradara Bill Duke menyebutkan adegan rap di film tersebut adalah improvisasi Lauryn, tidak ada dalam skrip.

Semasa SMA, ia berteman dengan Prakazrel “Pras” Michel, mengajaknya membentuk grup musik dengan nama “Tranzlator Crew”. Tidak lama multi instrumentalis dan juga sepupu Pras, Wyclef Jean, bergabung. Mereka tampil di pertunjukan lokal dan kontes bakat SMA.

The Fugees, bergabung dengan Columbia/Ruffhouse Records pada 1993. Musik mereka dikenal dengan gabungan genre, reggae, rock dan soul, yang mereka lakukan pada album debut, Blunted on Reality (1994), Lauryn saat itu berusia 18 tahun. Album kedua, The Score (1996) terjual enam juta copy di Amerika Serikat dan memenangkan lima Grammy, termasuk kategori Album of the Year dan Best New Artist.

Lauryn mulai menambahkan pengaruh musik Afrika-Amerika dan Karibia di album berikutnya. Membawakan kembali hit “Killing Me Softly” membuat mereka semakin populer. Berhasil memenangkan Grammy Award kategori Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocals.

Album mereka debut di posisi pertama US Billboard 200 dengan singles “Doo Wop (That Thing)”, “Ex-Factor” dan “Everything Everything”.

Album solo pertamanya, The Miseducation of Lauryn Hill dikerjakan akhir 1997 sampai Juni 1998 di Tuff Going Studio, Jamaika. Judul albumnya terinspirasi dari buku “The Mis-Education of the Negro” oleh Carter G. Woodson dan “The Education of Sonny Carson”, film dan novel autobiografi. Menghadirkan kontribusi artis dari D’Angelo, Carlos Santana, Mary J. Blige dan John Legend.

Album tersebut dibeli 20 juta orang, Lauryn diakui sebagai rapper, penulis lagu, kemampuannya bernyanyi dan produser. Album tersebut mendapat penilaian positif dari kritikus. Ia menjadi musisi wanita kaya, pada 1998-1999 beberapa sumber menyebutkan bahwa kekayaannya mencapai $ 40 juta dari royalti, tur, merchandise dan lain-lainnya.

Pernah mendapat tawaran peran di Charlie’s Angels, ia menolaknya dan peran tersebut diberikan pada Lucy Liu. Pernah ditawarkan peran di The Bourne Identity oleh Matt Damon, kemudian The Mexican oleh Bratt Pitt atau trilogy Matrix oleh Wachowski bersaudara. Semuanya ditolak Lauryn.

Tawaran peran yang diterimanya adalah sebagai Rita, isteri Bob Marley dan film biografi Bob Marley. Tadinya ia turut memproduseri dan membintangi film romantis-komedi, Sauce, adaptasi dari Beloved oleh Toni Morrison. Namun tidak dilanjutkan karena hamil.

Pada 2000, ia dekat dengan Brother Anthony, penasihat spiritual, ia kemudian memecat seluruh tim manajemen dan orang-orang disekitarnya. Pada 2001 ia merekam MTV Unplugged 2.0. Banyak yang menyebut bahwa album ini ia nyanyikan sambil menangis. Menerima komentar beragam dan penjualannya jauh berbeda dibanding album sebelumnya.

Memiliki enam anak, lima diantaranya bersama Rohan Marley, putra Bob Marley.

Pada 2012, ia terbukti bersalah tidak membayar pajak dan menerima hukuman kurungan penjara selama tiga bulan pada 2013.

Ia berkontribusi untuk soundtrack What Happened, Miss Simone? Dokumenter yang dirilis pada 2015 mengenai kehidupan Nina Simone, penyanyi, pianis dan aktivis hak sipil Amerika Serikat. Awalnya ia hanya membawakan dua lagu saja, tapi ia mengakhirinya sebanyak enam lagu. Juga sebagai produser bersama Robert Glasper.

(sumber)
(sumber)