Browse By

#NumpangNgeceng Martina Navratilova

martinan

Martina Navratilova, adalah satu-satunya petenis yang mampu bertahan di posisi puncak baik tunggal atau ganda selama 200 pekan. Ia adalah petenis tunggal nomor satu di dunia selama 332 pekan dan petenis ganda nomor satu di dunia selama 236 pekan.

Lahir pada 18 Oktober 1956 di Praha, Cekoslovakia (Republik Ceko) dengan nama Martina Subertova. Lahir dari pasangan Miroslav Subert dan Jana Subert. Ibunya adalah atlet gymnastik, petenis dan instruktur ski. Orangtuanya berpisah saat Martina berusia 3 tahun. Pada 1962, ibunya menikah kembali dengan Mirek Navratil. Martina mengambil nama ayah tirinya, Navratil menjadi Navratilova untuk lebih “feminin”.

Neneknya adalah petenis dengan reputasi baik, di usia Martina yang keempat mulai mengenal tenis dan bermain secara reguler di usia tujuh tahun. Ayah tirinya, Mirek, menjadi pelatih tenis pertamanya.

Di usia sembilan tahun, ia belajar tenis dari George Parma, juara Republik Ceko. Diasuh George ia memenangkan Kompetisi Nasional Cekoslovakia di usia 15 tahun. Memenangkan juara profesional pertamanya pada 1974 di Orlando, Florida di usia 17 tahun. Memenangkan juara major pertama saat bersama Evert di French Open (1975) melawan Julie Anthony dan Olga Morozova dengan skor 6-3. 6-2.

Karena Cekoslovakia berada di bawah pengaruh Soviet, Martina mempertimbangkan karir profesionalnya akan lebih berkembang di Amerika. Di 1981 ia menjadi warga negara Amerika Serikat.

Memenangkan juara major tunggal pertama di Kejuaraan Wimbledon 1978, mengalahkan Evert di babak final dengan skor 2-6, 6-4, dan 7-5. Menempati posisi pertama di dunia untuk petenis tunggal, ketika berhasil mengalahkan Evert di Kejuaraan Wimbledon 1979. Di tahun yang sama juga memenangkan juara ganda bersama Billie Jean King.

Navratilova dan Evert memainkan pertandingan profesional wanita dengan skor tertinggi, saat Evert mengalahkan Navratilova di Colgate International 1979, di Eastbourne, Inggris. Bermain selama 3 jam di babak final dengan skor 7-5, 5-7, 13-11.

Navratilova merekrut Nancy Lieberman untuk meningkatkan kemampuannya dengan fitness dan memperkuat mentalnya. Ia mulai memakai raket Yonex dengan komposisi fiberglass isometrik grafit. Ia kemudian menjadi lebih dominan sebagai petenis wanita.

Mendominasi kejuaraan French Open 1982 dan Wimbledon, memenangkan kategori tunggal dan ganda bersama Pam Shriver. Di French Open mengalahkan Andrea Jaeger dengan skor 7-6, 6-1. Sedangkan di Wimbledon mengalahkan Evert dengan skort 6-1, 3-6, 6-2. Mendominasi petenis wanita di 1983 dengan rekor menang-kalah adalah 86-1. Satu-satunya kekalahannya adalah di babak perempat final pada kejuaraan French Open oleh Karthy Horvath.

Memenangkan 13 kemenangan beruntun mengungguli rival terdekatnya, petenis nomor dua dunia, Chris Evert. Pada 1982, 1983 dan 1984 hanya gagal di enam pertandingan. Navratilova memenangkan tiga juara major pada 1983 dan pertama dari tiga major pada 1984. Mereka yang mampu mempertahankan seluruh juara major tunggal secara simultan disebut sebagai Grand Slam.

Pada 1985, ia kalah dari Evert pada final French Open, dan disebut sebagai pertandingan tenis wanita terbaik sepanjang masa. Di tahun yang sama ia turut menulis autobiografinya bersama George Vecsey berjudul “Martina” di Amerika Serikat dan “Being Myself” di tempat lain. Ia juga aktif menulis novel fiksi, buku kesehatan dan fitness.

Memenangkan tiga mahkota juara yang jarang dilakukan oleh petenis manapun, dengan memenangkan kategori tunggal, ganda dan ganda campuran pada US Open 1987. Memegang rekor 167 juara tunggal dan 344 secara keseluruhan untuk tunggal, ganda dan ganda campuran.

Pada 1990, memenangkan kategori tunggal terakhirnya di Kejuaraan Wimbledon mengalahkan Zina Garrison dengan skor 6-4, 6-1, ini adalah rekor kesembilan kemenangannya di Wimbledon. Dan di 1994, ia berhasil mencapai babak final Wimbledon di usia 37 tahun. Ia memutuskan “gantung raket” setelah kalah dari Conchita Martinez.

Masuk dalam “International Tennis Hall of Fame” pada 2000, dengan kemenangan 18 kategori tunggal, 31 kategori ganda dan 10 ganda campuran untuk Grand Slam. Ia disebut sebagai petenis tunggal, ganda dan ganda campuran terhebat yang pernah ada.

Pada 6 September 2014, Navratilova menikah dengan kekasih wanitanya Julia Lemigova pada 15 Desember saat ia berusia 58 tahun.

Meski sudah pensiun dari kejuaraan tenis, ia masih aktif bermain dan menjadi duta fitness untuk American Association of Retired Persons. Aktif terlibat dalam serangkaian kegiatan amal untuk binatang, anak-anak dan lain-lain.

Sumber:
http://www.boomsbeat.com/articles/108910/20160422/45-incredible-facts-martina-navratilova.htm

(Febi)