Browse By

#NumpangNgeceng: Quincy Jones

Quincy Delight Jones Jr, lahir di kota Chicago. Saat berusia 10 tahun ia bersama keluarganya pindah ke pinggiran kota Seattle. Di usia belasan tahun, ia berteman dengan seorang penyanyi dan pianis lokal yang kemudian menjadi sosok terpenting dalam aliran musik soul. Teman Jones adalah Ray Charles. Jones saat itu mencoba semua alat musik dan menciptakan lagu tanpa ada yang mengajari. Charles lah yang mengajarkan Jones membaca not balok.

Figur musik pop dan jazz, yang menjadi artis dengan nominasi Grammy Awards terbanyak dalam sejarah. Sekitar 79 kali dinominasikan dan 27 diantaranya berhasil menang. Pemain terompet dan pernah mengerjakan aransemen untuk sesi musik jazz sebagai pekerja lepas.

Sebagai musical director tur Dizzy Gillespie, pernah bekerja untuk Barclay Record di Paris, Prancis, juga memimpin produksi album blues opera milik Aretha Franklin, “Free and Easy” (1979). Quincy juga menjadi produser album Aretha Hey Now Hey (The Other Side of the Sky) pada 1973. Mendirikan Qwest Production, dimana Quincy mengaransemen dan memproduseri banyak album sukses dari Frank Sinatra dan figur musik pop lainnya pada 1975.

Memproduseri film peraih Oscar, The Color Purple pada 1985, yang disutradarai Steven Spielberg, dibintangi Whoopi Goldberg, Oprah Winfrey dan Danny Glover, produser seri televisi populer Prince of Bel-Air yang dibintangi Will Smith (1990-1996), dan menerbitkan majalah Vibe dan SPIN.

Quincy Jones atau Q memang paling banyak diingat orang sebagai produser album Thriller Michael Jackson yang terjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia. Jones juga produser dan dirigen lagu ‘We are the world”. Quincy bekerja sama sebagai produser Michael Jackson. Ia memproduseri album Off the Wall (1979), Thriller (1982), dan Bad (1987).

Menjadi produser dan konduktor lagu amal di 1985, “We Are the World”.