#NumpangNgeceng: R.L. Stine

Robert Lawrence Stine yang dikenal dengan nama pena sebagai R.L Stine, lahir di Columbus, Ohio, Amerika Serikat pada 8 Oktober 1943.

Disebut sebagai Stephen King-nya dunia literatur anak-anak. Stine telah menulis ratusan novel fiksi horor, termasuk Fear Street, Goosebumps, Rotten School, Mostly Ghostly, dan The Nightmare Room. Karya-karya nya yang lain juga termasuk trilogi Space Cadets, dua buku permainan Hark, serta belasan buku humor. Karya-karya R.L Stine telah terjual sebanyak lebih dari 400 juta copy.

Stine lulus dari Ohio State University (OSU) pada 1965 dengan gelar Sarjana Sastra Inggris. Sewaktu berkuliah di sana, Stine aktif menjadi editor majalah humor kampus The Sundial selama tiga tahun, dari empat tahun masa kuliahnya. Selepas lulus, ia hijrah ke New York mengejar kariernya sebagai seorang penulis.

R.L. Stine menulis banyak buku humor anak-anak dengan nama pena Jovial Bob Stine. Ia kemudian menciptakan majalah humor remaja Banansa. Dibawah naungan penerbit Scholastic Press majalah tersebut terbit sebanyak 72 edisi dari 1975 hingga 1984. Stine juga banyak menghasilkan karya-karya lain, baik sebagai penulis maupun editor. Barulah pada 1986 R.L Stine menulis novel horor pertamanya Blind Date, yang lalu diikuti dengan sederet karya lain seperti The Babysitter, Beach House, Hit and Run, dan The Girlfriend.

Karier R.L. Stine tak semata di dunia sastra, ia juga merupakan co-creator dan penulis kepala acara televisi Eureeka’s Castle di jaringan Nickelodeon yang tayang dari 1989 hingga 1995.

Goosebumps lahir pada 1992 silam. Seri novel tersebut seperti kita tahu mengambil penokohan karakter anak-anak yang terjebak dalam situasi menakutkan. Dari 1992 hingga 1997, sebanyak 62 buku Goosebumps rilis ke pasaran. Sejumlah seri spin-off juga turut meramaikan rak-rak toko buku. Sejak peluncuran pertamanya, Welcome to Dead House, Goosebumps telah terjual lebih dari 350 juta copy, menjadikannya salah satu novel bestseller di dunia. Tak hanya dalam bentuk buku, Goosebumps juga sempat merambah ke layar televisi dari 1995 sampai 1998.

R.L. Stine si pengarang Goosebumps tersebut sempat masuk ke dalam daftar 40 Entertainer dengan bayaran termahal versi majalah Forbes 1997 silam. Ia juga berhasil memenangkan sejumlah penghargaan, termasuk Horror Writers Association’s Lifetime Achievement Award di 2014 lalu. Di era 1990-an, USA Today sempat mendaulat R.L. Stine sebagai penulis paling laris selama tiga tahun berturut-turut.

R.L. Stine yang kini berusia 72 tahun memiliki seorang anak bernama Mathew, lahir 7 Juni 1980 hasil perkawinannya dengan sang istri yang juga seorang penulis dan editor pada 22 Juni 1969.