#NumpangNgeceng The Lighthouse Family

The Lighthouse Family

The Lighthouse Family menuai sukses di 1996, tapi tahukah Bujang Dare kalau 12 bulan sebelumnya mereka menemukan kegagalan dan bahkan label memutuskan kontrak? Beranggotakan Paul Tucker dan Tunde Baiyewu.

Paul kelahiran London, dan besar di Newcastle selama 12 tahun. Mulai menulis lagu sendiri di akhir 1980an saat bekerja di bar, tidak ada yang tertarik untuk menerima demo yang Paul buat, kecewa dan menjual instrumen musiknya. Ada satu lagu yang oleh beberapa temannya cocok dinyanyikan Tunde, yang juga bekerja di bar di kota yang sama.

Baik Paul dan Tunde bertemu di universitas dan bekerja di bar yang sama, mulai menulis lagu bersama. Beberapa diantaranya adalah demo “Ocean Drive” yang menarik perhatian A&R label Polydor Records, Colin Barlow, yang di 1993 mengajak mereka untuk menandatangani kesepakatan untuk 6 bulan. Singkat, karena saat itu UK sedang mengalami resesi ekonomi, sehingga label rekaman hanya sepakat bekerja sama dengan artis dalam waktu pendek. Label Polydor melakukan investasi pada band dengan total $250,000, biaya yang besar untuk band dengan video klip yang mengambil lokasi Los Angeles dan Las Vegas ini.

Album debut, Ocean Drive (1995), hanya menempati posisi ke-62 dan terjual 10.000 copy, meski lagu-lagu mereka banyak diputar di radio. Mereka melakukan perubahan dengan merilis kembali single “Lifted” di Januari 1996, dan sukses mengantarkan mereka di posisi Top 5. Album yang tadinya telah keluar dari tangga album, kembali masuk Top 10 pada Maret 1996, bahkan meraih enam kali platinum sampai akhir 1997, berada di tangga album UK selama 154 pekan. Dilanjutkan dengan sukses album Postcards from Heaven (1997).

Salah satu faktor yang sukses memberi kontribusi pada Lighthouse Family adalah bagaimana lagu mereka “radio friendly”. “Lifted” banyak mendapat permintaan di radio seperti BBC Radio One, stasiun BBC Local Radio dan acara The Chart Show sering memutarkan video klipnya.

Lifted, digunakan sebagai iklan komersial untuk mobil Nissan, yang berdampak signifikan pada penjualan album membuat album mereka tetap di Top 10.

Album Ocean Drive, Lighthouse Family bekerja sama dengan mantan personil Kane Gang, Martin Brammer, mantan keyboardis Simply Red, Tim Kellet.

Penampilan mereka kian berkurang di awal 2003, setelah merilis “Whatever Gets You Through the Day” (2001). Mereka melanjutkan projek individu, Tunde sebagai artis solo dan Paul bergabung dengan band rock, The Orange Lights.

Sumber:
https://www.theguardian.com/music/2013/feb/02/tunde-baiyewu-lighthouse-family-nigeria
http://web.archive.org/web/19980205031031/http://www.dotmusic.com/MWtalentlfamily2.html
http://metro.co.uk/2013/04/23/tunde-baiyewu-i-came-to-london-wanting-to-be-an-accountant-then-i-met-musician-paul-tucker-and-we-started-the-lighthouse-family-3662192/
http://www.independent.co.uk/life-style/soundbites-paul-tucker-songwriter-and-keyboardist-the-lighthouse-family-1160703.html

(Febi)