Browse By

Oesman Sapta: Pengusaha Jangan Produksi Barang Mentah

Warta Volare – 23 April 2013

Oesman Sapta Odang  mengatakan potensi alam yang dimiliki Kalbar sangat banyak mulai dari pertanian, kehutanan, sampai ke pertambangan. Ia berharap produksi di Kalbar tidak hanya sebagai pengekspor bauksit dan CPO saja, tetapi barang hasil industri, sehinggan Kalbar bisa mendapatkan nilai tambah.

Oesman mencontohkan, jika Kalbar sudah mampu memproduksi berbagai jenis barang jadi berbahan baku bauksit yang depositnya besar, Kalbar bisa menjadi salah satu daerah terbesar yang memproduksinya. Karena itu pengusaha sekaligus industriawan ini diharapkan sejak saat ini sudah harus mempersiapkan fondasi industri hilir. Ia optimis pasti investor masuk dan ada rekan kerja yang mau menanamkan modalnya di Kalbar untuk dapat membangun industri, dengan target di 2014 industri hilir ini sudah ada. 

Pria yang akrab disapa OSO itu menegaskan, seluruh asosiasi sudah diminta untuk menjual barang jadi pada 2014. Dengan begitu Indonesia tidak lagi menjadi kuli. Melainkan sudah menjual produk yang sudah memiliki nilai tambah, transfer teknologi, ada industri yang dibangun, ada kebanggaan tersendiri. 

Oesman menambahkan jangan sampai pengusaha di luar Kalbar yang mencari keuntungan di Kalbar tanpa diiringi dengan pembangunan yang berarti. Oleh sebab itu harus ada kesenergian antara pemerintah pusat daerah untuk mengembangkan teknologi sehingga ada inovasi-inovasi baru yang bisa meningkatkan nilai produksi Kalbar. (Lnd)