ON BENDED KNEE

•#howtosayit : Go For Broke
Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Hari ini idiom yang kita bahas adalah ‘GO FOR BROKE’. Cara pengucapannya ‘GO FOR BROKE’ /ɡəʊ/ /f”ːr/ /brəʊk/. Kata ‘GO’ ejaannya G-O yang artinya “pergi”. Kata ‘FOR’ ejaannya F-O-R yang artinya “untuk atau demi”. Dan kata ‘BROKE’ ejaannya B-R-O-K-E artinya “pecah, rusak, atau bangkrut” Ketika digabungkan menjadi sebuah idiom, maka idiom ‘GO FOR BROKE’ artinya adalah “mempertaruhkan segalanya atau menggunakan semua tenaga atau keterampilan kita atau berupaya habis-habisan”. Idiom ini juga mempunyai sinonim dengan idiom ‘ALL OUT’ yang artinya “dengan segala kekuatan dan kemampuan yang ada”.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh penggunaannya:
1.    Okay, this is my last chance to win this competition, I’m going for broke.
       (Baiklah, ini adalah kesempatan terakhirku untuk memenangkan kompetisi ini, aku akan berjuang habis-habisan)
2.    She decided to go for broke and pursue her acting career full-time.
       (Dia memutuskan untuk mempertaruhkan segalanya dan berusaha untuk berkarir di dunia acting sepanjang waktu)
3.    They say that Anita is going all out to perform on the stage tonight.
       (Mereka berkata bahawa Anita akan berjuang dengan segala kemampuan dan kekuatan yang ada untuk tampil di atas panggung malam ini)
4.    Ron is going all out in coaching the football team in our school. It’s his obsession to make them become the champion.
       (Ron dengan segala kekuatan dan kemampuan yang ada melatih team sepak bola di sekolah kami. Ini adalah obsesinya untuk membuat mereka menjadi sang juara)

•#idiom : On Bended Knee

Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah ‘ON BENDED KNEE’. Cara pengucapannya ‘ON BENDED KNEE’ /’n/ /bended/ /niː/. Kata ‘ON’ ejaannya O-N artinya “di atas atau pada”. Kata ‘BENDED’ ejaannya B-E-N-D-E-D artinya “bengkok atau membengkokkan”. Dan Kata ‘KNEE’ yang ejaannya K-N-E-E artinya adalah “lutut”. Maka ketika digabungkan, idiom ‘ON BENDED KNEE’ artinya adalah ‘Berlutut’.

Contoh penggunaanya:
1.    Do you expect me to come to you on bended knee and ask you for forgiveness?
       (Apakah kau ingin aku datang dengan berlutut dan memohon maaf darimu?)
2.    The suitors came on bended knee and begged the attention of the princess.
       (Seorang pelamar datang berlutut dan meminta perhatian dari sang Putri)
3.    John begged Ann on bended knee to marry him.
       (John berlutut dan melamar Anna untuk menikahinya)
4.    I had to go down on bended knee and beg my dad to let me have the party.
       (Aku harus berlutut dan memohon pada ayah agar ia membiarkanku mengadakan sebuah pesta)

•#bilingual : Pesawat Luar Angkasa Tanpa Sayap

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Space Plane without Wings
Scientists in Europe are going to send up a space plane without wings.
The space plane is special because people want to use it to help them learn more about re-entry.
They are going to send it without people on a flight for 100 minutes.
It will fly 450 kilometers up into the atmosphere.
Then it will fall back to Earth and get information on the re-entry.
After that, it will use a parachute to land in the Pacific Ocean.
A ship will come pick it up to get more information.

Pesawat Luar Angkasa Tanpa Sayap
Para ilmuan di Eropa akan menerbangkan dan mengirim sebuah pesawat luar angkasa tanpa sayap.
Pesawat luar angkasa ini istimewa karena para ilmuwan ingin menggunakannya untuk membantu mereka dalam mempelajari proses kembalinya sebuah benda dari luar angkasa ke bumi atau re-entry.
Mereka akan mengirim pesawat ini tanpa awak selama 100 menit.
Pesawat ini akan terbang setinggi 450 km hingga mencapai lapisan atmosfir terluar.
Kemudian pesawat ini akan jatuh kembali ke Bumi dan akan didapatkanlah informasi atas proses kembalinya benda dari luar angkasa atau re-entry.
Setelah itu, pesawat tanpa sayap ini akan menggunakan parasut untuk mendarat di samudra Pasific.
Sebuah Kapal akan datang menjemput pesawat tanpa sayap tersebut untuk memperoleh informasi.

•#FunSizeFact : Meal and Eating Etiquette
Bujang Dare, di Fun Size Fact kita akan berbagi info tentang fakta yang ada dalam penggunaan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Fun Size Fact akan membantu Bujang Dare untuk memahami penggunaan kata-kata, budaya, dan cara berkomunikasi yang lebih baik dalam berbahasa Inggris.
Untuk hari ini, Fun Size Fact akan membahas istilah makan dan tata cara makan bagi orang-orang yang berbahasa Inggris.

1St Fact    : What are the difference among Breakfast, Brunch, Lunch, Dinner, and Supper?
1.    Breakfast dalam Bahasa Indonesia artinya adalah “sarapan”. Dalam Budaya Barat, sarapan ini dilaksanakan dari pukul 7-9 pagi.
2.    Brunch adalah gabungan dari kata Breakfast dan Lunch. Maksudnya adalah makanan yang dimakan saat pertengahan antara sarapan dan makan siang. Bisa dilaksanakan dari pukul 10.00 ” 11.30.
3.    Lunch dalam Bahasa Indonesia artinya adalah “makan siang. Dalam Budaya Barat, makan siang dilaksankan dari pukul 12.00 ” 1.30 p.m. Biasanya orang akan kembali bekerja pada pukul 2 siang, itu sebabnya makan siang bisa hanya sampai paling lambat pukul 2 siang.
4.    Dinner dalam Bahasa Indonesia artinya adalah “makan malam atau makanan utama”. Ini dilaksanakan dari pukul 6.30 ” 9.00 malam. Umumnya istilah dinner digunakan untuk menikmati jamuan makan di restoran. Di UK, istilah ‘dinner’ (school dinner)digunakan untuk menggambarkan makan siang khususnya digunakan di sekolah-sekolah atau kantin di tempat kerja. Namun beberapa tempat di wilayah utara Inggris, menggunakan istilah ‘tea’ untuk menggambarkan makan malam. Makan malam ini dinikmati bersama keluarga, teman atau orang-orang terdekat.
5.    Supper adalah istilah lain darai makan malam. Bedanya, Supper dilakukan di waktu yang lebih larut daripada Dinner. Biasanya Supper lebih identik dengan menu makanan rumahan.  Istilah supper saat ini terkesan sudah ketinggalan jaman dan orang lebih memilih menggunakan istilah dinner.

2nd Fact    : What is the typical menu for Breakfast, Lunch, and Dinner?
1.    Breakfast. Saat ini di wilayah Inggris dan sekitarnya termasuk America, menu sarapan yang banyak diminati adalah a bowl of cereals (semangkuk sereal), a slice of toast (roti panggang), orange juice (jus jeruk) and a cup of coffee (secangkir kopi). Secara tradisional menu sarapan khas orang-orang di wilayah Britania Raya adalah eggs, bacon, sausages, fried bread, baked beans and mushrooms. Menu ini sekarang lebih sering disajikan di restaurant.
2.    Lunch. Menu makan siang yang paling sering ditemukan adalah sandwich (roti isi), a packet of crisps (keripik), a piece of fruit (potongan buah-buahan), soup (sup) dan salad. Makanan untuk makan siang tidak dalam porsi yang berat, dan ini hanya dibutuhkan cukup untuk memberikan tenaga untuk kembali beraktifitas.
3.    Dinner. Orang-orang di wilayah Britania Raya dan Amerika dapat menyajikan menu apa saja saat makan malam. Menu yang disajikan dapat terdiri dari appetizer (makanan pembuka), main course (makanan utama), dan dessert (makanan penutup). Bisa terdiri dari pastry, pizza, Roasted beef, Pudding dan lain-lain.

3rd Fact    : Eating etiquette.
1.    Ketika ingin pergi sebentar dari meja makan, atau ingin mengangkat telfon. Katakanlah : “Please excuse me for a moment.”. Akan tetapi akan lebih sopan untuk mematikan telpon saat sedang makan.
2.    Slurping (making a ‘slurp’ sound with your mouth) atau membuat suara saat makan sup atau mie adalah hal yang harus dihindari saat makan bersama. Ini akan terkesan tidak sopan.
3.    Saat makan, gunakanlah alat makan yang berada lebih luar urutannya atau bisa dimulai dari benda yang paling jauh dari piring kemudian bergerak ke dalam yang mendekati piring. Ingatlah bahwa alat-alat makan di Negara yang berbahasa inggris terdiri dari Sendok, Garpu, dan pisau.
4.    Saat selesai makan, letakkanlah garpu dan pisau berdekatan di atas piring. Tunggu hingga yang lainnya selesai makan dan jangan lupa untuk mengatakan “What a delicious meal! Thank you so much.” Untuk menunjukkan rasa terimakasih dan penghargaan kepada tuan rumah.

•#riddle
Bujang Dare, sekarang saatnya kita melatih kemampuan kosa kata dan Pengetahuan kita dalam berbahasa Inggris dengan Riddle. Riddle dalam bahasa Indonesia berarti teka-teki. Riddle bisa juga dikatakan sebagai bentuk puisi sederhana yang menggambarkan tentang sesuatu namun tidak secara langsung menyebutkan namanya dan membuat orang menjadi tertarik untuk menebaknya.
Riddle atau teka-teki untuk hari ini adalah:

I have a many legs, but cannot stand.
I have a long neck, but I have no head.
I cannot walk and I cannot see.
But I keep things neat and tidy as can be.
What am I?

“Aku mempunyai banyak kaki, tapi aku tak bisa berdiri. Aku punya leher yang panjang, tapi aku tak punya kepala. Aku tak bisa berjalan dan tak bisa melihat. Tapi aku menjaga benda-benda tetap bersih dan rapi sebisaku. Apakah aku?”

Answer : Broom