Browse By

Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Celah Langit-Langit

Warta Volare – 26 April 2013

Pemerintah Kota Pontianak bekerjasama dengan Departemen bedah mulut Focus Group Discussion (FGD) Universitas Indonesia melakukan operasi gratis sumbing dan celah langit-langit. Kegiatan tersebut mulai dilaksanakan dua hari yang lalu hingga hari ini. 

Wallikota Pontianak, Sutarmidji mengatakan ada sekitar 46 pasien dari Kalbar yang akan mendapatkan pelayanan operasi gratis sumbing dan celah langit-langit. Dari jumlah tersebut  19 orangnya  dari Kota Pontianak sisanya dari Sintang, Sambas, Ketapang, Kubu Raya, Sanggau dan Sekadau.

Menurutnya kegiatan ini banyak disponsori oleh pihak swasta dan ini cukup bagus karena bisa membantu masyarakat yang kurang mampu untuk melakukan operasi. Ia berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun. Bahkan, tambahnya, jika banyak sponsornya bisa dilakukan setiap hari. 

Orang nomor satu Kota Pontianak ini menambahkan untuk bulan Mei mendatang rencananya Pemkot Pontianak akan melakukan operasi katarak gratis, dan ini akan dilaksanakan juga di Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Sulatan Mohamad Alkadrie Pontianak. 

Dekan Universitas Indonesia Bambang Irawan mengatakan kegiatan bakti sosial operasi gratis ini merupakan kegiatan yang sangat menyentuh terutama nbagi masyarakat yang menderita bibir sumbing.   Ia berharap kegiatan ini mengurangi penderitaan anak-anak, sehingga kedepannya bisa memberikan masa depan yang lebih baik lagi. 

Bambang menjelaskan jumlah tenaga medis yang diterjunkan untuk operasi bibir sumbing ini sebanyak 30 orang dan mareka adalah calon-calon dokter spesialis. Menurutnya kerjasama dengan berbagai pihak sponsor akan lebih menguntungkan masyarakat terutama bagi yang membutuhkannya, karena operasi yang dilakukan gratis.