Browse By

Optimis 2019, Akses Air 100%

Pontianak – Walikota Pontianak Sutarmidji optimistis di tahun 2019 mendatang, sudah 100 persen wilayah Kota Pontianak bisa mengakses air bersih yang bersumber dari PDAM Pontianak.

“Hingga saat ini masih ada sekitar 30 sampai 35 persen gang yang ada di Kota Pontianak yang belum tersedia pipa tersier, sehingga masih belum bisa berlangganan air PDAM,” katanya, belum lama ini.

Sementara Pemerintah Kota Pontianak akan menganggarkan Rp12 miliar di tahun 2017 ini, untuk pembangunan pipa tersier PDAM Tirta Khatulistiwa guna meningkatkan pelayanan air bersih di kota itu.

“Pemasangan pipa tersier PDAM guna meningkatkan dan mempercepat jangkauan jaringan di pemukiman masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, jumlah anggaran tersebut diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan atau menjangkau sebanyak 300 – 400 gang yang ada di Kota Pontianak.

“Saya minta dari anggaran Rp12 miliar itu diutamakan untuk pembangunan jaringan pipa tersier di pemukiman non perumahan atau komplek atau prioritaskan di gang-gang,” ungkapnya.

Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirta Khatulistiwa, Masita, bertekad menertibkan tunggakan, menata administrasi dan keuangan yang lebih efektif dan efisien bagi perusahaan daerah milik Pemkot Pontianak itu. Selain itu ia akan melanjutkan program yang sudah di susun antara lain mengejar target 100 persen distribusi air bersih pada tahun 2019.

“Serta terus menjalankan visi perusahaan, menjadi PDAM unggulan nasional yang berdaya saing global,” ujar Masita.

Masita terpilih sebagai direktur yang baru setelah selesai melewati serangkaian tes yang dilaksanakan untuk melakukan penjaringan. (Wati Susilawati)

Simak Warta Volare setiap hari Senin-Jum’at pukul 10.00 dan 21.00 di Volare 103.4 FM