Peluang Usaha Sangat Beragam

Pontianak – Kepala Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pontianak, Haryadi, mengungkapkan peluang usaha di Kota Pontianak sangat beragam dan masih bisa dikembangkan, seperti kuliner dan kerajinan, juga bisa digarap secara optimal karena karakter dan keunikan Pontianak begitu kuat.

“Intinya kita mendorong pelaku keratif di Pontianak untuk memaksiamlkan potensi yang ada dan pemkot sangat mendukung,” katanya.

Meskipun peluang dan pasar ekonomi kreatif besar, ia menilai masih ada sejumlah masalah yang dihadapi para pelaku ekonomi kreatif, yakni belum tahu pasar dan kebutuhan pasar.

“Pelaku ekonomi kreatif kita belum mengetahui persis pasarnya dan apa yang dibutuhkan pasar. Kalau mereka mengetahui itu maka saya yakin ini sangat membantu,” kata dia.

Ia mengatakan pelaku industri kreatif di daerah itu perlu memanfaatkan peluang usaha tersebut untuk mendukung Pontianak menuju  di masa depan.

Para ekonomi kreatif sangat memanfaatkan teknologi guna memperkenalkan produk dan mendekatkan diri dengan para konsumen.

Usaha media sosial juga menjadi hal wajib sebagai promosi gratis yang sudah marak dilakukan.

“Ini akan sangat efektif untuk makin dekat kepada konsumen. Madia sosial, seperti BBM, Facebook, Instagram dan lainnya akan mempermudah link para usaha kecil menengah untuk memasarkan produknya. Makanya para UKM harus melek teknologi, mengingat banyak apalagi yang bisa digunakan guna promosi,” ujarnya.

Kata Haryadi, saat ini pengguna media sosial yang menjadikan teknologi sebagai basis promosi sangat banyak. Untuk itu, harus ada hal menarik dalam produk yang dijual UKM ini.

“Nah, kembali kepada kualitas produknya harus baik. Jika itu makanan, pengolahannnya harus hati-hati, higienis, terjaga kualitasnya dan rasanya juga harus baik agar menjadi nilai plus bagi konsumen,” paparnya. (Wati Susilawati)