Pemkot Pontianak Dapat Penghargaan “Smart City”

Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat mendapat penghargaan “Smart City Nusantara” dari PT Telkom Indonesia atas inisiasi dalam mengimplementasikan Smart City. “Kota Pontianak merupakan salah satu kota dari empat kota di wilayah Kalimantan yang menerima penghargaan dari PT Telkom,” kata Walikota Pontianak Sutarmidji,  Kamis kemarin.
Sutarmidji mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan smart city di Kota Pontianak. Namun, ia mengingatkan bahwa smart city bukan berarti unjuk gigi aplikasi, melainkan bagaimana menyelesaikan permasalahan kemasyarakatan dengan cerdas, simpel dan sebanyak mungkin melibatkan masyarakat itu sendiri. “Jadi untuk pelayanan perizinan memang diperlukan aplikasi, tetapi penerapan-penerapan seperti perbaikan lingkungan dan lainnya perlu metode tersendiri,” ujarnya pula.
Karena itu, ia mengajak peran aktif masyarakat untuk memajukan Kota Pontianak, mengingat kota yang cerdas itu bagaimana mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama melakukan perbaikan dalam percepatan layanan publik dan sebagainya. Ia menambahkan, pelayanan publik yang cepat tidak semata tergantung pada pemerintah saja, tetapi masyarakat juga mempunyai peranan di dalamnya.
“Kalau masih meminta bantuan calo saat mengurus perizinan itu `kan merupakan hambatan. Padahal tidak perlu berurusan dengan calo, sudah bisa dilakukan secara online,” katanya lagi.
Sebelumnya, General Manager Wilayah PT Telkom Kalimantan Barat Bayun R Rohadi menyatakan, penghargaan yang diberikan kepada Pemkot Pontianak dalam rangka Bakti Telkom untuk Negeri sekaligus memperingati HUT Ke-71 Kemerdekaan RI. Penghargaan itu diberikan kepada 71 pemerintah kabupaten/kota maupun provinsi yang sudah menginisiasi Smart City di wilayahnya masing-masing.
“Kami diberi amanah oleh direksi kami untuk menyerahkan penghargaan ini langsung kepada kepala daerah termasuk kepada Wali Kota Pontianak Sutarmidji. Ini sebagai bentuk apresiasi dari Telkom Indonesia atas inisiatif pemerintah daerah dalam mengimplementasikan smart city,” ujarnya pula.
Sebanyak 71 daerah yang telah menerima penghargaan SCN tersebut akan terkumpul dalam suatu komunitas yakni Smart City Nusantara Community (SCNC). Selain itu, Telkom juga memberikan bantuan berupa jaringan wifi gratis selama setahun sebanyak 10 titik.
“Kami akan berkoordinasi dengan pemkot untuk menentukan titik-titik wifi gratis yang akan dipasang di ruang publik seperti di taman-taman,” kata Bayun lagi. (wti)