Browse By

Pemkot Siap Gelar Khataman Al-Quran 1000 Anak

Pontianak – Tanggal 1 Mei 2016 mendatang, Pemerintah Kota Pontianak akan menggelar khataman Al-Quran dengan peserta sebanyak 1000 anak-anak lokal. Demikian diungkapkan Ketua Panitia Pelaksanaan Khataman Al-Quran Kota Pontianak, Drs. Mulyadi, kemarin.
“Peserta kegiatan Khataman alquran secara massal dlaksanakan nantinya oleh para santri yang diajar oleh guru ngaji,” ujarnya,
Target 1000 peserta ini nantinya akan melibatkan setiap kecamatan, tepatnya enam kecamatan Kota Pontianak. Rencananya kegiatan ini akan dipusatkan di Masjid Raya Mujahiddin.
“Sekarang saja yang mendaftar mencapai 567 orang, waktu kan masih lama, bulan Mei mendatang. Mudah-mudahan target kita peserta secara massal ini bisa tercapai. Jika pun tidak kita akan melibatkan anak-anak TPA di sejumlah masjid yang ada,” papar Mulyadi.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak ini mengungkapkan, kegiatan ini digelar dalam rangka ingin menjadikan Al-Quran sebagai bacaan favorit anak-anak kota khatulistiwa itu.
“Saat ini era digital sangat menguasai sehingga anak-anak perlu diajarkan bagaimana mencintai kitab suci melebihi gedget yang dimiliki. Ini menjadi tantangan kita agar alquran ini selalu menjadi panduan hidup anak sejak dini,” paparnya.
Tidak hanya itu, pemkot juga ingin anak-anak lokal menyenangi tulisan AL-Quran.  Orang tua pun kata Mulyadi memiliki peran penting untuk mengenalkan Al-Quran sejak kecil.
“Kita berharap agar Al-Quran ini menjadi kebiasaan di lingkungan rumah tangga, membaca alquran maupun ngaji dirumahtangganya sangat baik bagi perkembangan anak, orang tua dan lingkungan itu sendiri karena dasarnya sudah ada alquran. Itu akan indah sekali, Masyaaallah,” ungkap dia.
Ia berharap, kegiatan tersebut berjalan lancar dan sukses. Misi dan visi kegiatan itu pun bisa tercapai.
“Harapan yang ingin saya raih satu saja, anak-anak kita terbiasa dengan alquran, mengenal Al-Quran, belajar mengaji, mengkajinya. Al-Quran di dalam keluarga juga nantinya bisa menangkal hal-hal yang tidak diinginkan. Itu visi kita terkait kegiatan ini. Mudah-mudahan Allah meridhoi rencanan ini dan apa yang pemkot inginkan bisa tercapai, aminn,” harap Mulyadi bersemangat. (Wati)