Browse By

Pemkot Terus Inovasi Pelayanan Makin Cepat

Pontianak – Walikota Pontianaj, Sutarmidji mengungkapkan pihaknya terus berupaya agar layanan masyarakat makin cepat, murah dan transparan. Bahkan pihaknya telah menghapus sejumlah syarat perizinan dengan melibatkan organisasi pengusaha dalam pertimbangannya.

“Bahkan kita hapus kalau memang syarat itu menjadi keberatan bagi mereka sepanjang tidak merusak sistem. Itu tidak ada dilakukan di daerah lain, melibatkan pengusaha dalam menghapus persyaratan perizinan. Kita terus berupaya Pontianak terus menjadi yang terbaik,” ungkap Sutarmidji.

Ia mengungkapkan, pemerintah berkomitmen mmeberikan pelayanan dengan transparansi  yang diwujudkan melalui bedah APBD yang sudah digelar beberapa tahun lalu hingga kini. Bedah APBD itu disinergikan dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang melibatkan akademisi, LSM, tokoh masyarakat dan lainnya.Hasil pembahasan itu masuk di aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan (SIPP).

“Kalau sudah masuk dalam SIPP tersebut, tidak boleh ada perubahan lagi karena sudah kita kunci,” ungkapnya.

Sebagai wujud transparansi, APBD tersebut juga diumumkan ke publik melalui media cetak dan website. Tidak hanya itu, bantuan sosial (bansos) juga diumumkan di media cetak setiap akhir tahun. Dengan demikian, masyarakat luas bisa mengetahui jumlah dana yang didapat para penerima bansos, sudah menyerahkan laporan pertanggungjawaban (SPJ)atau belum.

“Semua kita umumkan secara terbuka, tidak ada lagi yang ditutup-tutupi,” katanya.

Walikota dua periode ini juga memaparkan penghematan yang dilakukannya, mulai dari memperketat pengeluaran Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD), di mana setiap SPPD mesti diketahui dan ditandatangani langsung oleh Walikota. Kendaraan dinas bagi pejabat-pejabat  di lingkungan Pemkot Pontianak juga sudah lama ditiadakan. Terkcuali kendaraan dinas untuk operasional instansi teknis.

“Efisiensi-efisiensi sudah kita lakukan, termasuk perencanaan-perencanaan pembangunan dan lainnya. Sekarang masyarakat bisa lapor langsung masalah di lapangan melalui aplikasi e-Lawar, langsung kita tindaklanjuti,” ucapnya. (Wati Susilawati)

Simak Warta Volare setiap Senin-Jum’at pukul 12.00 dan 15.55. Simak pula Warta Volare Weekend setiap Sabtu pukul 07.00 di Volare 103.4 FM