Penambahan Lampu Lalu Lintas Tenaga Surya

Warta 3 – 9 Juni 2011

Kota Pontianak saat ini sedang mengembangkan lampu lalu-lintas tenaga surya. Dari 21 lampu lalu-lintas yang ada, 19 di antaranya merupakan milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak.

Sy. Ismail, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak melalui Muslim, Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) mengatakan, lampu lalu-lintas Kota Pontianak belum seluruhnya menggunakan tenaga surya. Sebagian lampu lalu-lintas yang ada, sudah menggunakan tenaga surya seperti di simpang Jalan Uray Bawadi dan simpang menuju daerah Sepakat.

Menurut Muslim, lampu lalu-lintas tersebut masih menjadi milik Dishub Provinsi Kalimantan Barat, belum diserahkan kepada Dishub Kota Pontianak. Saat ini Kota Pontianak hanya memiliki 1 lampu lalu-lintas tenaga surya yaitu di simpang Jalan Tanjung Hilir.

Muslim menambahkan, lampu lalu-lintas tenaga surya akan dibangun di 2 lokasi lagi yakni di persimpangan Jalan Purnama dan Jalan M. Sohor, yang saat ini sudah memasuki masa persiapan sekitar satu bulan. Menurut Muslim, pembangunan ini membutuhkan dana sebesar tiga ratus sepuluh juta lebih. Rencana dibangunnya lampu lalu-lintas di Jalan Purnama ini disebabkan sering terjadi kemacetan pada jam-jam sibuk dan lokasi ini juga rawan terjadi kecelakaan.

Muslim juga mengatakan, pihaknya menargetkan setiap tahun bisa 2 sampai 3 lokasi dipasang lampu lalu-lintas, namun karena keterbatasan dana APBD, setiap tahun hanya bisa memasang 1 lampu lalu-lintas.