Browse By

Penandatangan MOU BPJS Kesehtan dan Kejaksaan Tinggi dan Negeri se-Kalimantan Barat

Pada 18 Mei 2017 di Hotel Mercure Pontianak  BPJS Kesehatan Divisi Regioanal XIII dengan Kejaksaan Tinggi dan Negeri se- Kalimantan Barat melakukan penandatanganan kerjasama dalam hal penanganan masalah hukum Bidang Perdata dan tata Usaha Negara Tingginya kepesertaan Pekerja Penerima Upah – Badan Usaha membuat BPJS memerlukan bantuan berupa dukungan dari Kejaksaan. Untuk melaksanakan sinergi tersebut dalam peraturan pemerintah Nomor 85 Tahun 2013 tentang hubungan natar Lembaga, BPJS Kesehatan dapat berkerjasama dengan Lembaga Pemerintah/ Daerah.

Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regioanal XIII Benjamin Saut PS. S.Km. MM. AK menyampaikan “ Kesepakatan bersama ini adalah sebagai bentuk wujud nyata kejaksaan dalam mendukung program JKN terutama dalam menindaklanjuti Badan Usaha yang tidak menjalankan kewajibannya, terlebih lagi untuk tahun 2017 bertemakan Tahun Kepatuhan.”

Selama periode Januari sampai april tahun 2017 telah ditemukan 55 badan usaha yang patuh, 14 badan usaha yang masih dalam proses pemantauan kepatuham. Masa Pemantauan diberikan waktu 60 hari untuk melakukan pemantauan kepatuhan. Hasil kesepakatan ini akan diimplementasikan dengan bentuk forum komunikasi rutin antara BPJS Kesehatan dan Kejaksaan untuk meningkatkan kerja sama dalam rangka penyelesaian masalah ketidak patuhan Badan Usaha dalam menjalankan kewajibannya.

“Dengan Kesepakatan ini pihak kami akan terus mengawal jalannya program JKN-KIS dan yang utama adalah pemulihan penyelamatan keuangan negara, Kekeyaan, dan aset milik BPJS Kesehatan. ungkap Sugiyono SH. MM selaku Kepala kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama tersebut meliputi tindakan Badan usaha yang tidak patuh, pemberian bantuan hukum, dan tindakan hukum lainnya. Dalam penandatangan MOU ini hadir Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regioanal XII dan  beberapa Perwakilan Kejaksaan tinggi yang hadir untuk menandatangani perjanjian ini diantaranya: Kejaksaan Kota Mempawah, Kejaksaan Kota Singkawang, Kejaksaan Kota Sintang, Kejaksaan Kota Lnadak, Kejaksaan Kota Bengkayang, Kejaksaan Kota Sanggau dan Kejaksaan Kota Sekadau. Selain perwakilan Kejaksaan daerah di Kalimantan Barat juga hadir beberapa perwakilan media untuk meliput penandatangan MOU ini.

“Adanya seinergi antara BPJS Kesehatan dan Kejaksaan diharapkan menambah pemahaman yang smaa dalam mendukung tiga aspek penting, yakni perluasan cakupan kepesertaan, penegakan hukum serta peningkatan kepatuhan dari peserta dan pemberi kerja” Ujar Kepala BPJS Kesehatan DIvisi Regional XII.

74084 74085