Browse By

Penang World Music Festival 2015

Penang World Music Festival siap digelar, siapa yang sudah tidak sabar dengan kemeriahannya di tahun 2015 ini. Setiap festival pasti akan menghadirkan musisi yang luar biasa. Selain 4 musisi yang sudah pernah dibahas, selanjutnya akan ada 4 lagi musisi yang mesti kita ketahui.

Sekali lagi diingatkan bahwa Penang World Music Festival (PWMF) 2015 akan diadakan 11-12 April 2015. Festival ini sendiri akan menghadirkan 12 musisi dan band internasional, datang dari berbagai macam negara. Ada Afrika Selatan, Brasil, Spanyol, Jerman, Rusia, India, Estonia, Mesir, Swedia, Mongolia, 2 band dari malaysia dan tentu saja Indonesia.

Ini dia 6 musisi dari 12 grup yang akan menghentak panggung PWMF 2015.

Annuluk (Jerman)
Yang sudah eksis sejak 2011, gaya musik mereka bernuansa mantra kuno mistis dan nyanyian doa yang digemakan di candi lalu berakulturasi dengan sentuhan musik band dan perlahan berubah menjadi ketukan modern dengan susunan musik elektro. Ada dua album yang sudah mereka lepas kepasaran dengan judul ” Ushna ” dan ” Malam ” bersama dengan piringan CD hadiah berjudul ” Metamorphosis “. Mereka telah memenangkan beberapa penghargaan, diantaranya adalah pemenang Creole-central Germany ditahun 2013 dan dinobatkan sebagai pendatang baru terbaik oleh Via Vut Indie Award tahun 2014.

Trad.Attack! ( Estonia )
Boleh dibilang inilah yang dinamakan dance-along turbo-Nordic-folk band. Musisi ini membawa kembali energi, kemurnian dan ketulusan musik Estonia. Trad.Attack ! menggabungkan tiga superstar yang terampil memainkan musik rakyat  secara modern. Sandra Sillamaa ( bagpipe Estonia , kecapi Yahudi , saxophone , vokal ) , Jalmar Vabarna ( gitar ) dan Tonu Tubli ( perkusi ). Musik yang dihasilkan mampu menjadi sumber inspirasi, musik mereka mencerminkan kemampuan masing masing personel yang luar biasa. Musik mereka dapat dinikmati diberbagai suasana, ditempat kerja, rumah maupun pesta. Sinergi tiga talenta yang bersinar ini bersatu dan membentuk Trad.Attack! Bekerja dengan keras menyusun debut album mereka sehingga dapat diterima abad 21 dan menandai lahirnya generasi baru dalam musik rakyat Estonia

Raggy Project ( Malaysia )
Musisi Malaysiayang masuk dalam jajaran dengan ciri khas perpaduan musik Timur-Barat dengan aroma Blues. Musik barat itu mereka campurakan dengan sentuhan musik dari timur yang berasal dari Ragas, India. Musik funky dibumbui dengan tablas dan perkusi dari Timur, band ini menjanjikan penampilan yang sangat menghibur. Raggy Project beranggotakan Raggy Singh ( vokal , gitar ) , Jimie Loh ( bass ) , Jone Yeoh ( drum ) , Richard Gomis ( keyboard ) , Kirubakaran Naryanasami ( perkusi ) . Semua lagu yang mereka tampilkan di PWMF adalah ciptaan dari Raggy Project

Prem Joshua and Band ( India )
Multi-instrumentalis & komposer , Prem Joshua & Band adalah pelopor dalam bidang Dunia Fusion Musik Internasional. Menggambarkan inspirasi dari tradisi musik kuno suku di India, Prem Joshua & Band tetap berusaha memasukkan unsur kontemporer barat dan selama bertahun-tahun terus mengasah bakat mengagumkan mereka dan terus melakukan pencampuran, menciptakan suara khas dan unik untuk terus melewati batas-batas perpaduan barat dan Timur

Tarabband ( Mesir/Swedia )
Dibentuk pada di Malmö tahun 2008, Tarabband menjadi rumah bagi beberapa musisi yang berbakat dari Swedia . Kelompok ini dipimpin oleh penyanyi karismatik Irak-Mesir, Nadin , yang melarikan diri dari perang di Irak ke Swedia pada tahun 2001. musik dan lirik Tarabband menceritakan perjalanan hidup saat bertahan di pengasingan, berusaha hidup dan lahir kembali .
Album debut mereka ” Ya Sidi ” dirilis pada tahun 2013 dan berisi 10 lagu komposisi asli dari Tarabband. Musik mereka melakukan perjalanan dari Baghdad melalui Kairo , Paris ke Malmo , pencampuran tasawuf , Folk , Flamenco , Jazz dan mengendap di Tarab.

Nading Rhapsody  ( Malaysia )
Musik mereka menggambarkan cerita dan mitos yang luar biasa dari suku Iban. Nading Rhapsody adalah band yang dipengaruhi oleh Avant Garde – Borneo Ethnic Music  . Para musisi muda Boy Keevin ( Komposer / Bass Guitar ) , Rawa ( Ruding / Gitar Akustik / Sape ‘ ) , Yen ( Gendang Melayu / Tribal Perkusi ) , Roy ( Lyrics / Vocal / Chants ) , Kristus ( Lyrics / Vocal / Dance ) dan Opah ( Vocal / Chants ) , Ujang ( Bedok / Floortom ) .
Presentasi Musik mereka merupakan lintas budaya dan perpaduan unik dari lagu-lagu rakyat , nyanyian ritual , lagu pengantar tidur , mitos , cerita kelompok etnis dari Sarawak kemudian bercampur dengan musik kontemporer dan menghasilkan nuansa baru. Nading Rhapsody juga telah menciptakan beberapa lagu dengan suntikan berbagai elemen etnik yang beragam.

Banyak hal menarik dan tidak ada alasan untuk tidak menonton festival ini. Setiap harinya akan tambil 6 band/musisi. Konser ini akan dimulai 6 sore – 12 tengah malam. Penikmat konser tidak hanya menikmati penampilan spektakuler tetapi juga bisa mengikuti workshop yang akan diberikan langsung oleh para musisi setiap harinya, dimulai pukul 2 siang – 5 sore. Jangan melewatkan workshop ini karena diadakan di Fort Cornwallis yang sudah berusia 120 tahun. Sambil menikmati keindahan pelabuhan ini kita juga bisa sambil belajar.

Untuk menikmati Penang World Music Festival ini silakan untuk membeli tiket terlebih dahulu. RM 80 untuk satu hari saja dan RM 140 untuk tiket selama 2 hari, sedangkan anak dibawah 12 tahun bisa menikmati secara gratis.

Untuk kemudahan, tiket bisa dibeli online di www.ticketcharge.com.my mulai 23 Februari 2015 atau langsung dibeli di KOMTAR lantai bawah (Maybank information centre) dan Queensbay Mall, North Zone Kiosk (di sebelah eskalator) Tempat penjualan di Komtar kiosk akan dibuka dari hari senin – Jumat, 10 pagi – 5 sore dan tutup pada saat jam makan siang pukul 1-2 siang.
The Queensbay Mall Kiosk akan buka mulai hari selasa hingga minggu dari 12 siang – 7 malam. Tiket untuk pelajar juga dijual dan bisa didapatkan di kiosks dengan harga RM 60 namun terbatas hanya untuk 300 tiket saja

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kirim email ke info@visitpenang.gov.my atau menelpon ke +604-6505136 . Silakan mengikuti Facebook (Penang World Music Festival) dan membuka situs www.penangworldmusic.gov.my