Browse By

Penataan Lingkungan Pemukiman Butuh Peran Aktif Masyarakat

Pontianak – Asisten Koordinator KOTAKU Bidang Infrastruktur, Priyadi, mengungkapkan dibutuhkan keaktifan dan partisipasi warga dalam upaya membuat perencanaan penataan lingkungan pemukiman.

“Karena yang tahu persis permasalahan dan pembangunan seperti apa yang sesuai dan ideal bagi warga adalah warga di kawasan itu sendiri,” ungkapnya.

Dijelaskannya, program KOTAKU merupakan program dari pemerintah pusat dalam rangka pencegahan dan peningkatan kualitas kawasan pemukiman kumuh. Tujuannya, untuk meningkatkan akses terhadap akses infrastruktur dan pelayanan dasar di pemukiman kumuh perkotaan.

“Sehingga terwujud pemukiman yang layak huni dan produktif serta berkelanjutan. Pemerintah pusat menargetkan nol daerah kumuh pada tahun 2019,” kata Priyadi.

Sebelum pelaksanaan kegiatan pembangunan di kawasan yang telah diprioritaskan, Priyadi berharap ada aturan bersama yang mengikat komitmen warga dalam upaya penataan dan merawat aset bangunan yang telah diberikan oleh pemerintah.

“Agar pembangunan yang telah dilakukan akan bermanfaat dalam jangka waktu lama dan khususnya untuk penyelesaian permasalahan kawasan kumuh di perkotaan,” pungkasnya.

KOTAKU adalah program Kota Tanpa Kumuh. Pemerintah Kota Pontianak pun menganggap sangat penting lingkungan dengan masyarakat bbeas kekumuhan.

Menurut Wakil Walikota Pontianak, Edi Kamtoni, upaya bersama bagi penataan kawasan pemukiman yang ideal kedepannya harus terus dilakukan. Hal ini kata dia harus sejalan dan selaras dengan program dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak serta regulasi yang mengatur tentang penataan kawasan pemukiman.

Pihaknya, ungkap Edi, menetapkan penetapan kawasan kumuh itu berdasarkan tujuh indikator, yakni keteraturan bangunan, kualitas dan kelayakan jalan lingkungan, penyediaan air minum, kualitas dan kelayakan drainase, pengelolaan air limbah, pengelolaan persampahan dan pengamanan terhadap kebakaran. (Wati Susilawati)

Simak Warta Volare setiap hari Senin-Jum’at pukul10.00 dan 21.00 di Volare 103.4 FM