Pendapatan Asli Daerah, 85% berasal dari Pajak

Warta 3 – 14 Desember 2010

Sesuai dengan UU No.2 th 2009 tentang Pajak dan Retribusi daerah, yang menjadi kewenangan Provinsi Kalimantan Barat adalah pajak kendaraan bermotor, pajak balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan dan pajak rokok. Khusus untuk pajak rokok, akan diberlakukan pada tahun 2014 yang akan datang.

Samuel, Kabid dan Kasi Pajak Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan, yang sangat potensial untuk penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah dari pajak kendaraan bermotor, pajak balik nama kendaraan bermotor, dan pajak bahan bakar kendaraan bermotor. Kontribusi pajak terhadap PAD ini mencapai 85%.

Samuel juga mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, sangat tinggi. Tunggakan pajak di tahun 2003 mencapai 16,3%, dan sekarang sudah berkurang menjadi 6%, dan diharapkan bisa mencapai 0%.

Samuel menambahkan, upaya kemudahan untuk masyarakat sudah diberikan, seperti adanya Samsat Corner yang dibuka di Mall A Yani yang menerima pelayanan dari pukul 2 siang hingga 9 malam. Juga diberikannya kemudahan dan kecepatan pelayanan di kantor Samsat yang ada di Kota maupun di Kabupaten, diantaranya adanya transparansi besaran tarif pajak juga adanya target pelayanan dari pendaftaran hingga selesai, hanya 20 menit.