Browse By

Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru dari Kepolisian

Warta 3 – 20 Desember 2010

Menjelang Natal dan Tahun Baru, jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Barat akan meningkatkan pengamanan di seluruh wilayah Kalimantan Barat.

Kepala Bagian Humas Polda Kalbar, Suhadi Siswo Wibowo, mengatakan, pelaksanaan Operasi Mandiri Kewilayahan dengan sandi Lilin Kapuas 2010 yang dilakukan secara serentak di Kalimantan Barat, akan mengedepankan tindakan penegakan hukum.

Dua pertiga kekuatan atau sekitar tujuhribu limaratus anggota kepolisian akan dikerahkan. Dengan tiga sasaran, yaitu orang yang akan melaksanakan perayaan Natal dan Tahun baru, Lokasi-lokasi diantaranya terminal dan pelabuhan, tempat ibadah, dan tempat perbelanjaan, juga barang yang digunakan warga untuk merayakan Natal dan tahun baru, termasuk kendaraan.

Suhadi juga mengatakan, tindakan operasi pengamanan ini lebih ditekankan kepada tindakan pencegahan, dan pada tanggal 23 Desember 2010 akan dilakukan gelar pasukan diseluruh Polres di jajaran Polda Kalbar. Pos-pos pengamanan juga akan dibangun dan disebar, guna memberikan pelayanan lebih dekat kepada masyarakat seputar keamanan disaat perayaan Natal dan Tahun Baru.

Suhadi menyarankan kepada masyarakat yang akan melaksanakan perayaan natal dan tahun baru jika ingin meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, melapor kepada ketua RT setempat agar bisa dilakukan pengawasan. Atau bisa melapor kepada polisi, agar wilayahnya bisa dijadikan sasaran patroli Polisi. Masyarakat juga diingatkan  agar tidak menggunakan perhiasan berlebihan yang bisa mengundang orang untuk melakukan kejahatan, dan khusus untuk anak muda diharapkan tidak melakukan kebut-kebutan di jalan raya.