Browse By

Pengurusan Perizinan Perlu Ditingkatkan Kualitasnya

Warta 3 – 2 Desember 2010

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan meminta pengurusan perizinan ditingkatkan kualitasnya. Caranya dengan inovasi yang kreatif sehingga pelayanan menjadi prima.

Menurut walikota Pontianak,  Sutarmidji, peningkatan kualitas pelayanan pada badan pelayanan perizinan terpadu atau BP2T, perlu dilakukan secara menyeluruh. Upaya pengembangan meliputi penguatan kelembagaan perizinan melalui peningkatan status kelembagaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Statusnya dari unit menjadi kantor dan berkembang menjadi badan. Serta dilakukan langkah penelaahan kebijakan perizinan seperti merevisi perda yang dianggap tidak sesuai dengan prinsip PTSP yang menyederhanakan persyaratan dan mempercepat waktu pelayanan.

Agar pelayanan menjadi prima diperlukan peningkatan pelayanan dan pemenuhan kepuasan masyarakat melalui penerapan pelayanan yang bersifat pro aktif, peningkatan kompetensi aparat PTSP, pengembangan system monev, penerapan teknologi informasi. Sedangkan langkah yang telah dilakukan penciptaan iklim yang kondusif, persyaratan administrasi perizinan memanfaatkan teknologi informasi dan pemberian insentif kepada investor.