Perampingan SKPD Disambut Positif

Warta 3 – 8 Juni 2011

Rencana Walikota Pontianak untuk melakukan perampingan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak disambut positif pihak legislatif.

Arif Joni Prasetio, Wakil ketua DPRD Kota Pontianak mengatakan terobosan penerapan perampingan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak ini harus berdasarkan untuk pengefesienan penggunaan anggaran belanja aparatur negara dan pelayanan kepada masyarakat agar dapat berjalan maksimal.

Arif Joni Prasetio mengakui, perampingan SKPD hingga saat ini belum sampai ke pihak legislatif, meski tindakan ini merupakan hak prerogatif kepala daerah namun tentu harus melalui persetujuan dari  pihak legislatif.

Sementara itu keseriusan Walikota Pontianak dalam pembentukan rancangan peraturan daerah (RAPERDA) merupakan hasil evaluasi atas beberapa SKPD yang  ada. Beberapa jabatan setara kepala seksi juga bakal di rampingkan atau digabungkan, karena selama ini tugas pokok dan fungsi saling tumpang tindih, artinya memiliki tugas yang sama. Dalam perampingan nanti, ada banyak jabatan yang akan dipangkas kurang lebih 60 hingga 70 jabatan.