Browse By

Percepat Infrastruktur Trans Kalimantan

Warta Volare – 25 April 2013

Rentannya krisis inflasi akibat kebutuhan bahan pangan yang tidak tersalurkan untuk wilayah Kalimantan, membuat kepala daerah di pulau Kalimantan sepakat mempercepat proses pembangunan infrastruktur Trans Kalimantan.

Ini menurut Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Cristiandy Sanjaya, penting dilakukan guna mempercepat pembangunan dan akses ke daerah pedalaman maupun menjadi penghubung daerah-daerah di Kalimantan.

“Ini penting karena Trans Kaimantan akan menjawab persoalan infrastruktur yang ada di Kalimantan, khususnya Kalbar untuk menghubungkan daerah satu dengan daerah lainnya sehingga nantinya kebutuhan atau pasokan bahan-bahan pangan bisa dengan mudah sampai ke daerah tujuan di Kalimantan wilayah mana pun,” katanya, dalam Rakorwil Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalimantan, Kamis (25/4).

Untuk itu kerja sama dilakukan kepala daerah yang ada di Kalimantan, salah satunya mendorong agar anggaran Trans Kalimantan yang rencananya mencapai Rp 9 Triliun segera terealisasi.

Kerja sama antar daerah di Kalimantan ini juga untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas harga di daerah.

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Kalimantan, M Dadi Aryadi, mengakui masalah infrastruktur menjadi tujuan percepatan akses lintas daerah di Kalimantan.

Untuk itu, TPID ini nantinya akan menjadi pintu bagi upaya Kalimantan menekan laju inflasi akibat bahan-bahan pangan yang tertahan dari pulau Jawa.

BI Katanya memiliki peran penting dalam menekan laju inflasi yang kerap terjadi saat bahan-bahan kebutuhan pokok tidak sampai ke Kalimantan.

TPID katanya sangat konsen akan masalah yang ada karena dengan keinginan bersama yang kuat, bukan tidak mungkin anggaran pusat untuk pembangunan di kawasan Kalimantan juga bisa dipercepat. (ss)