Browse By

Peringatan Hari Air Sedunia

Pontianak – Pengelolaan saluran primer sejatinya merupakan kewenangan dari pemerintah pusat. Namun lambannya penanganan dari pusat, sementara penanganan saluran mesti dilakukan secara cepat, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mengambil kebijakan untuk pembenahan sejumlah saluran.

Walikota Pontianak, Sutarmidji menyebut, saat ini pihaknya tengah fokus pada pembenahan saluran tersier, sekunder dan primer. “Saya tidak mau tergantung pada aturan yang mengatur ini urusan siapa, ini urusan siapa,” ucap Sutarmidji, belum lama ini.

Misalnya saja parit Sungai Raya Dalam. Saluran tersebut merupakan kewenangan pusat lantaran saluran primer. Tapi demi kepentingan warga dan Kota Pontianak, maka dibuat jalan pararel dan jembatan. Jembatan warga yang sebelumnya 100 lebih, akan ditata dan disisakan paling banyak lima buah.

“Sungai Jawi juga yang merupakan kewenangan pusat, yang awalnya jembatannya ada 114, akan dijadikan 11 jembatan saja. Jalan paralel Sungai Jawi tinggal satu segmen saja,” tambahnya.

Selain dua saluran itu, pembenahan Parit Tokaya juga tengah dilakukan. Sutarmidji yakin dalam waktu dua bulan, 38 rumah yang berada di atas parit akan dibongkar. Sementara, 114 rumah yang sebagian bangunannya berada di bantaran parit, 20 meter perseginya akan diganti rugi.

“Saya pastikan 2 bulan ini yang di atas parit harus beres, karena Balai Wilayah Sungai mau mengerjakan turapnya. Kemudian di seberang pasar ikan juga ada satu toko yang mepet sekali sama parit, itu juga harus mundur dua sampai tiga meter,” sebutnya.

Tak hanya menyoroti saluran primer, Walikota dua periode ini meminta Lurah di Pontianak Utara bikin saluran percontohan di tiap wilayah. Bila perlu, tugaskan dua orang warga untuk merawat dengan diberi insentif. Dia pun tak ingin parit dipersempit.

“Dua tahun ini apakah bisa menyelesiakan drainase yang ada di utara ini? Setiap RT nanti dipasang jaring, di mana RT yang paling banyak sampah akan ditilang,” pungkasnya.(Wati Susilawati)

Simak Warta Volare setiap Senin-Jum’at pukul 12.00 dan 15.55. Simak pula Warta Volare Weekend setiap Sabtu pukul 07.00 dan 12.00 di Volare 103.4 FM