Browse By

Persentase Kelulusan SMP Melebihi Target

Warta 3 – 6 Juni 2011

Kelulusan SMP-Mts  tahun 2011 mengalami peningkatan sebanyak 20%. Angka kelulusan tahun 2010 mencapai 72,51% dan sekarang menjadi 93,85% dari 1.141 sekolah yang ada di Kalbar dengan jumlah peserta ujian 60.518 orang.

Alexius Akim, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar mengaku cukup senang dengan hasil kelulusan tahun ini.  Pasalnya kenaikan presentase kelulusan tahun 2011 melebihi  yang telah ditargetkan Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar yakni antara 82 hingga 90 persen saja.

Lebih lanjut Akim menjelaskan, dibandingkan dengan Ppovinsi  lainnya yang ada di Indonesia, Kalbar termasuk terendah angka kelulusannya. Hal ini  karena terjadi angka kelulusan ada yang 0%, yang terjadi di dua sekolah di Kabupaten Ketapang> Jumlah peserta Ujian Nasionalnya hanya ada 2 dan 6 orang dan itu tidak lulus semua.

Bagi peserta SMP-MTs yang tidak lulus, tidak ada ujian ulang. Mereka bisa mengulang pelajaran di kelas 3. Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar akan melakukan evaluasi bersama kepala-kepala Dinas Pendidikan dalam waktu dekat, setelah pengumuman Ujian Nasional SD diumumkan.

Berdasarkan ranking kelulusan, Kabupaten Sekadau menduduki  peringkat pertama untuk kelulusan tertinggi Se-Kalbar yakni 99,85%, diikuti Kabupaten Melawi, Kabupaten Landak, Kabupaten Kapuas Hulu, Kota Pontianak, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sanggau, Kota Singkawang, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sambas, dan yang terakhir Kabupaten Kayong Utara.