Browse By

Perusahaan Wajib Lapor Lowongan Kerja ke Dinas Sosial dan Tenaga Kerja

Warta 3 – 14 Juni 2011

Sejak Januari, pemerintah belum memiliki data penyerapan tenaga kerja tahun 2011. Demikian diungkapkan Hasyim Ilyas, Kepala Seksi Penempatan, Pelatihan, dan Produktivitas Tenaga Kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pontianak yang ditemui di ruang kerjanya. Kemungkinan data penyerapan ini akan dimunculkan pada bulan September mendatang tergantung dari hasil laporan lowongan kerja yang diterima.

Hasyim menjelaskan,tahun lalu angka pengangguran dalam artian para pencari kerja mencapai 9.928 orang dan penyerapan tenaga kerja mencapai 1.447 orang baik dari perusahaan swasta maupun pemerintah. Dan untuk penyerapan tenaga kerja di instansi Pemerintah tergantung kepada permintaan dari pusat  melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing. Sehingga diharapkan dengan pertumbuhan perekonomian Kota Pontianak saat ini dapat mengurangi angka pengangguran.

Menurut Hasyim setiap perusahaan mempunyai kewajiban untuk melaporkan apabila ada lowongan pekerjaan yang akan dibuka di perusahaan tersebut kepada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pontianak sebagaimana yang telah diatur dalam Keputusan Presiden No. 40 mengenai Wajib Lapor Lowongan Pekerjaan.

Hasyim menghimbau kepada seluruh perusahaan di Kota Pontianak agar segera melaporkan informasi lowongan pekerjaan yang ada di perusahaannya kepada pihak Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pontinak karena bagaimanapun Dinas Sosial dan Tenaga kerja merupakan tempatnya orang-orang yang mencari pekerjaan.