Browse By

Peter Erskine

Drum telah menjadi alat musik yang telah dipelajari Peter Erskine sejak ia berusia 4 tahun. Ia telah mengerjakan lebih dari 600 album dan terlibat dalam skoring film. Memenangkan dua Grammy Awards dan oleh Berklee School of Music ia dianugerahi Honorary Doctorate pada 1992.

Peter menyelesaikan studinya di Interlochen Arts Academy, Michigan dan Indiana University dibawah arahan George Gaber.

Karir profesionalnya dimulai saat ia bermain bersama Stan Kenton Orchestra pada 1972. Empat tahun setelahnya ia bergabung dengan Maynard Ferguson sebelum akhirnya bergabung dengan Jaco Pastorius di Weather Report dan ia pun pindah ke Los Angeles. Bersama Weather Report, Peter merilis lima album dan memenangkan Grammy Awards pertamanya di album Weather Report, ‘8.30’.

Peter seakan tidak cukup hanya bermain di Weather Reports saja, selama di Los Angeles ia juga bermain untuk Freddie Hubbard, Joe Henderson, Chick Corea, Bobby Hutcherson, Joe Farrell dan George Cables.

Setelah Los Angeles, ia memutuskan pindah ke New York dan menghabiskan lima tahun bermain untuk musisi seperti Michael Brecker, Mike Mainieri, Eddie Gomes and Eliane Elias dalam Steps Ahead, John Scofield, Bill Frisell and Marc Johnson dalam grup legendaris Bass Desires, the John Abercrombie Trio dan Big Band-nya Bob Mitzer.

Penghargaan Grammy keduanya didapatnya sebagai drummer WDR big band, Köln, bersama Michael Brecker, Randy Brecker, Vince Mendoza dan lainnya dalam album “Some Skunk Funk”.

Permainan drummnya tidak hanya ada di lagu untuk album saja, beberapa kali Peter dilibatkan dalam pengerjaan skoring film. Permainan drumnya bisa didengar pada film Memoirs of Geisha, Pink Panther, tiga film Austin Powers dan kolaborasinya dengan Steven Speilberg dan John Williams dalam The Adventures of Tintin.

Memiliki label rekaman sendiri, Fuzzy Music, dan disinilah tempat dimana ia memproduksi rekaman jazznya. Ia juga dikenal sebagai penulis yang aktif dengan buku yang terakhir dirilisnya seperti “No Beethoven (Autobiography & Chronicle of Weather Report),” “Time Awareness for All Musicians,” “Essential Drum Fills,” and “Everything I Know, A Work in Progress”.

Peter juga seorang Profesor “Practice and Director of Drumset Studies” di Thornton School of Music, University of Southern California.

Asal tahu saja, ia juga mengembangkan aplikasi drum dalam fitur untuk iPhone dan iPad.

(sumber)
(sumber)