Pewarta Foto Indonesia Pontianak Pameran di Taman Tugu Digulis

Pontianak – Untuk kedua kalinya, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pontianak menggelar pameran foto. Kali ini dipusatkan di Taman Tugu Digulis Pontianak, Minggu (30/10). Setidaknya ada 36 karya foto  terbaik para pewarta foto dari berbagai media massa di Kalimantan Barat dipamerkan digelaran  tersebut.

Pameran bertajuk “Dari Barat Kalimantan” ini merupakan bagian dari roadshow yang digelar PFI Pontianak, yang sebelumnya digelar di area Car Free Day (CFD) Jalan Ahmad Yani, Pontianak pada Minggu (23/10).

“Ini merupakan pameran kedua dalam rangka Roadshow PFI Pontianak,” ujar Ketua PFI Pontianak, Leo Prima.

Menurut Leo, karya foto yang ditampilkan lebih variatif, baik dari ragam wisata dan budaya, peristiwa, human interest, tokoh, keanekaragaman hayati, dan berbagai peristiwa penting lainnya yang pernah terjadi di Pontianak, dan Kalimantan Barat pada umumnya.

Pameran kali ini, PFI Pontianak juga menggaet fotografer senior, Mujadi, atau yang akrab disapa Timbul.

Seperti panggilan akrabnya, nama Mujadi tidak pernah tenggelam. Meskipun sudah cukup senior di dunia fotografi, Mujadi masih tetap eksis berkarya.

Dalam pameran kali ini, Mujadi mencoba menvisualisasikan peristiwa kebakaran hebat yang melanda sebuah pabrik pengolahan karet, PT Star Rubber yang berlokasi di Jalan Trans Kalimantan KM 16, Desa Jawa Tengah, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. Kebakaran itu meluluhlantakan sebagian besar pabrik pengolahan karet dengan menelan kerugian ratusan milyar rupiah.

Selain foto karya Mujadi, pameran kali ini juga menampilkan karya lain yang tak kalah apik. Sebuah peristiwa langka yang jarang ditemui di daerah lain. Yakni foto karya Jessica Helena Wuysang. Perempuan yang akrab disapa Maya ini mencoba menampilkan karya terbaiknya dengan judul “Salat Id di Perahu”.  Peristiwa langka ini hanya bisa ditemui pada perayaan hari besar Idul Fitri atau Idul Adha, di mana umat Islam berbondong-bondong untuk menunaikan salat berjamaah di masjid terdekat atau lapangan terbuka. Namun jamaah lebih memilih untuk melaksanakan salat di atas sampan atau perahu.

Sementara karya foto lainnya yang ditampilkan adalah foto peristiwa peledakan kapal asing pencuri ikan karya Haryadi dan pesona Taman Nasional Danau Sentarum karya Meidy Khadafi.

Menurut Leo, roadshow foto jurnalistik bertema “Dari Barat Kalimantan” ini akan terus digelar hingga akhir tahun 2016 dengan sasaran indoor maupun outdoor. (Wati Susilawati)