PNS Harus Bertanggung Jawab atas Kinerjanya

Warta 3 – 7 Juni 2011

Legislatif Kota Pontianak meminta pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) melakukan razia rutin terhadap oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sering mangkir dari pekerjaannya saat jam kerja.

Hal ini diungkapkan Mujiono, Ketua Komisi D DPRD Kota Pontianak ketika dimintai keterangan mengenai masih ditemukannya PNS di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak yang tidak bekerja di kantor saat jam kerja. Mereka lebih memilih bersantai di warung kopi atau tempat makan saat jam kerja.

Menurut Mujiono, PNS yang menjalankan tugas di luar kantor tentunya memiliki surat tugas atau perintah dari atasan. Jika tidak, pihak Sat Pol PP harus menertibkannya.

Mujiono menghimbau kepada PNS untuk tidak memberikan contoh yang tidak baik kepada masyarakat. Ini artinya jika ada kepentingan pribadi seperti berbelanja seharusnya bukan pada jam kerja. Karena pada umumnya setiap tahun pemerintah menaikan gaji kepada PNS, seharusnya berdampak positif terhadap peningkatan kinerja bukan malahan menurunkan kinerjanya.