Browse By

Pontianak Dianugerahi Natamukti Satria Award

Pontianak – Kiprah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pontianak patut diperhitungkan. Hal itu dibuktikan dengan sebuah penghargaan bertaraf internasional dari International Council for Small Business (ICSB), Kota Pontianak dianugerahi penghargaan Natamukti Satria.

Piagam penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo pada acara ICSB Indonesia City Award di Hotel Harris Sunset Road, Bali, Selasa (29/11).

Penghargaan ini merupakan satu dari empat penghargaan yang diterima bertepatan hari ulang tahun Wali Kota Pontianak, Sutarmidji. Menurut Haryadi, penghargaan Natamukti Satria ini diberikan kepada 12 kabupaten/kota, termasuk Kota Pontianak, lantaran dinilai berhasil mempromosikan kearifan lokal dan menciptakan investasi UMKM di daerah masing-masing.

“Kita meraih kategori terbaik dalam investasi UMKM,” ujarnya.

Ia menyebut, UMKM merupakan sektor yang penting dan besar kontribusinya dalam mewujudkan sasaran-sasaran pembangunan ekonomi nasional, seperti pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja, peningkatan devisa negara, dan pembangunan ekonomi daerah.

“UMKM diharapkan mempunyai kemampuan untuk ikut memacu pertumbuhan ekonomi,” imbuh Haryadi.

Dijelaskannya, UMKM dan koperasi adalah dua sektor penopang perekonomian negara. Bahkan dalam kondisi perekonomian yang tidak menguntungkan, UMKM dan koperasi tampil untuk menyelamatkan perekonomian. Untuk mendorong pertumbuhan UMKM, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak punya satu inovasi yang tidak dilakukan oleh daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Inovasinya, dengan memberikan kemudahan bagi para UMKM untuk mengantongi Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) tanpa perlu mengurus persyaratan administrasi sepanjang memiliki Surat Penunjukkan Tempat Usaha (SPTU). Sasarannya, para pelaku UMKM di tujuh pasar tradisional yang sebelumnya sudah mengantongi SPTU. Saat ini, tercatat lebih dari 4.000 IUMK yang sudah diterbitkan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Pontianak.

“SPTU-SPTU itu kita konversikan menjadi IUMK tanpa perlu mengurus persyaratan administrasi lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, President ICSB Hermawan Kertajaya, menegaskan bahwa dengan adanya penghargaan ICSB ini dia berharap dapat memotivasi para kepala daerah agar lebih memperhatikan UMKM di daerahnya.

“Natamukti yang dalam sanskerta berarti pemimpin yang mulia diharapkan dapat memotivasi para kepala daerah untuk lebih memperhatikan UMKM didaerahnya,” tegasnya. (Wati Susilawati)