Browse By

Pontianak Miliki 57 Posyandu Permanen

Pontianak – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam mengembangkan Posyandu di Kota Pontianak diwujudkan dengan pengembangan program maupun fisiknya. Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak, Zumyati mengatakan kepedulian Pemkot Pontianak terhadap Posyandu bisa dikatakan baik. Mulai dari peningkatan sarana dan prasarana maupun sumber daya manusianya.

“Bentuk keseriusan pemerintah antara lain dengan mendirikan Posyandu permanen yang tersebar di seluruh kecamatan dengan jumlah 57 Posyandu,” tuturnya saat memberi sambutan kegiatan Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalbar 2016 di Asrama Haji Pontianak, Jalan Sutoyo Pontianak, Kamis (8/12). Pontianak menjadi tuan rumah Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalbar tahun 2016.

Kemudian, lanjutnya, program dan kegiatan yang dilakukan secara terpadu di Posyandu meliputi program kesehatan, ketahanan pangan, pendidikan anak usia dini, pemberdayaan masyarakat, kepedulian lingkungan dengan bank sampah dan lainnya. Zumyati juga mengapresiasi kepada seluruh kepala daerah yang telah memberikan waktu dan karyanya dalam melaksanakan tugas di lapangan.

“Sebagai bentuk apresiasi tersebut, Pemkot memberikan bantuan operasional sebesar Rp 3 juta pertahun kepada semua Posyandu yang ada di Kota Pontianak,” sebutnya. Kepedulian terhadap Posyandu dilakukan dengan mengajak SKPD terkait maupun swasta dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada kader agar menjadi kader yang memiliki kualitas dan membantu pemerintah dalam pembangunan kesehatan.

“Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan Posyandu dapat melakukan kegiatan di lapangan lebih maksimal,” ucapnya. (Wati Susilawati)