Browse By

Profile

cropped-V-blue-square.png

STORY OF RADIO VOLARE
Mendengar “Volare”, orang-orang biasanya lantas berdendang… “vo…larre! oh oh cantare, oh oh oh… Let’s fly way up to the clouds, away from the maddening crowds…”

Tidak salah, dinamainya radio ini dengan “Volare”, memang terinspirasi dari lagu yang popular lewat vokal Dean Martin di era 70-an.

Radio Volare masa itu resmi dinyatakan berdiri. Tepatnya pada tanggal 26 Februari 1973. Sekedar informasi, lagu Volare pertama kali dinyanyikan Domenico Modugno di tahun 1953 dalam bahasa Italia. Dan hingga kini beragam versinya telah dinyanyikan kembali oleh beragam artis, dari David Bowie hingga Gypsy King dan tetap dikenal sampai kini. Kepopuleran lagu ini membuat Radio Volare lebih mudah dikenal, bahkan oleh masyarakat di luar jangkauan siarannya.

Apa sih artinya “Volare”? Kalau di banyak situs biasa disebut FAQ, frequently asked question. Well, Volare yang bahasa Italia itu punya arti “fly” atau “terbang”. Meminjam istilah pernah ngetop lewat RRI — sekali di udara tetap di udara — filosofi semacam itulah yang diinginkan saat menamakan radio ini Volare.

Seperti layaknya radio-radio siaran yang menjamur di seputaran tahun 70-an, Volare juga memulai segalanya dengan kondisi serba sederhana. Semua lapisan masyarakat menjadi targetnya dan semua jenis musik dari rock ‘n roll sampai keroncong bergantian mengudara. Barulah sejak Volare beralih ke jalur FM di tahun 1990, disusul kelahiran radio-radio lainnya dalam Volare Group, teori segmentasi dilirik.

Volare mengarahkan siarannya sebagai konsumsi masyarakat menengah ke atas yang butuh lebih dari sekedar musik. Dari buletin berita hingga hotline song request, dari talk show sampai Top 40. Belum lengkap rasanya tanpa slogan… Power of Communication jadi pilihan. Bukan sok inggris-inggrisan, tapi memang jadi tidak ear-catchy kalau dibuat dalam bahasa Indonesia, kan?

Dalam teori komunikasi, radio sebagai media massa punya fungsi mendidik dan informatif selain menghibur. Dengan power of communication itu tadi, Volare berusaha imbang dalam segala fungsinya sebagai media massa, dan punya kekuatan untuk membawa pendengar ke pengetahuan baru, persepsi baru, sikap baru bahkan mungkin tingkah laku baru ke arah yang lebih positif.

Terhitung 2015, Radio Volare munculkan tagline baru berbunyi “Shape Your Taste”. Tagline baru ini menunjukkan semangat kami untuk menjadikan radio sebagai referensi penting dalam pembentukan selera musik, karena lagu-lagu yang disiarkan di Volare adalah hand-picked playlist, bukan semata-mata bergantung pada trend penjualan musik yang biasa menjadi acuan radio pada umumnya, bukan juga rotasi otomatis yang dimainkan oleh broadcasting software.

Sebagai radio yang tidak hanya berisi musik, semangat “shape your taste” ini tidak hanya terbatas di urusan musik, melainkan juga dalam unsur-unsur lainnya yang bisa dinikmati dalam siaran kami. Radio Volare selalu berupaya hadir dengan tone positif dalam penyajian informasi dan penampilan para penyiar kami dengan aneka karakter uniknya. Dengar radio? Dengarkan Volare!

Unduh di sini: Company Profile

 DATA PERUSAHAAN
Nama Perusahaan : PT RADIO VOKALIA LAGUREMAJA
Nama Radio Siaran : RADIO VOLARE
Frekuensi : 103.4 MHz
Direktur : Jaka Prakasa
Call Sign : PM2FLN
Jangkauan Siar : 100 KM, meliputi kota Pontianak, kab. Pontianak, kab. Landak dan kab. Bengkayang
Alamat Studio & Kantor : Jl. Sumatera 28 Pontianak 78121
(0561) 734161 – 766019
volare@volarefm.com
volareradio@gmail.com
Slogan : Shape Your Taste
Pola Program : Interaktif 15%, Hiburan 30%, Informasi 40%, Iklan 15%
Waktu Siaran : 05.45-24.00
Format Musik : Hot Adult Contemporary/Adult Alternative Album/Pop & Indie Indonesia
Pola Siaran Musik : Barat 70%, Indonesia 30%
Profil Pendengar : SES A B C+, berjiwa muda, cerdas, kritis, up to date, serta tetap relijius